Peristiwa Daerah

Pelaksanaan Pemilu Semakin Dekat, Pelanggaran APK di Lamongan Meningkat

Rabu, 23 Januari 2019 - 13:58 | 35.43k
Petugas Satpol PP bersama Bawaslu menertibkan APK yang terpasang di depan SMA Negeri 1 Lamongan, Rabu, (23/1/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Petugas Satpol PP bersama Bawaslu menertibkan APK yang terpasang di depan SMA Negeri 1 Lamongan, Rabu, (23/1/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Jumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang ditertibkan Bawaslu  Lamongan kembali kembali meningkat.  Padahal dalam periode sebelumnya, jumlah APK yang ditertibkan Bawaslu di seluruh wilayah Lamongan sekitar 261.

"Sampai siang ini, sementara sekitar hampir 500 APK yang ditertibkan di periode ini," kata Amin Wahyudin, Komisioner Bawaslu Lamongan, Devisi Penindakan Pelanggaran, Rabu (23/1/2019).

Menurut Amin, kembali meningkatnya jumlah APK yang ditertibkan tersebut, diduga karena semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu, sehingga para peserta Pemilu semakin gencar memasang APK.

"Jadi merasa kurang 80 hari, mereka (peserta Pemilu) berfikirnya kalau dipasang dari kemarin-kemarin takut rusak. Jadi ini dugaan kami, semakin mendekati hari H, semakin banyak," tuturnya.

Padahal menurut Amin, jauh-jauh hari pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada peserta pemilu untuk tidak melakukan pelanggaran pemasangan APK.

Selanjutnya, kata Amin, semua APK yang ditertibkan tersebut akan disimpan di kantor Bawaslu kecamatan masing-masing, kemudian peserta pemilu diperbolehkan mengambil kembali.

"Nanti ada berita acara pengambilan APK tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut Amin menjelaskan, dalam penertiban APK kali ini, pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah cara pemasangan yang dipaku di pohon.

Upaya penertiban APK yang dilakukan Bawaslu Lamongan ini mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2017, PKPU Nomor 23 Tahun 2018, Perbawaslu Nomor7 Tahun 2018, Perbawaslu 28/2018 serta peraturan Bupati 10/2013. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES