Peristiwa Daerah

TPA Talangagung Malang Terapkan Metode Sanitary Landfill

Rabu, 23 Januari 2019 - 13:46 | 231.99k
Aktivitas pengolahan sampah di TPA Talangagung yang segera menerapkan metode Sanitary Landfill (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Aktivitas pengolahan sampah di TPA Talangagung yang segera menerapkan metode Sanitary Landfill (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGTPA (tempat pembuangan akhir) Talangagung di Kabupaten Malang segera menerapkan inovasi berupa pemakaian metode Sanitary Landfill dalam mengolah sampah.

Metode itu dipakai untuk kian memaksimalkan proses pengolahan sampah menjadi gas metan yang selama ini sudah dilakukan oleh TPA tersebut .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Budi Iswoyo mengatakan, inovasi tersebut semakin melengkapi sistem pengolahan sampah menjadi gas metan yang berada di TPA berbasis edukasi wisata ini.

“Kami telah membebaskan lahan seluas 6 hektare di akhir tahun 2018 lalu. Sekarang kami masih membahas dan perencanaan, untuk menuntaskan  DED (detail engineering design), guna mendukung pengembangan metode Sanitary Landfill,” ujarnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (23/1/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk sekarang TPA yang terletak di Desa Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut menggunakan metode control landfill.

Dia memaparkan, metode tersebut dilakukan dengan cara memadatkan sampah terlebih dahulu sebelum ditimbun dengan tanah.

Tetapi dengan menggunakan sanitary landfill, sampah yang telah dipadatkan akan dilengkapi dengan saluran khusus untuk mengalirkan air lindi serta gas metan hasil dari pengolahan sampah.

“Sedangkan hasilnya, distribusi gas metan kepada masyarakat semakin optimal. Selain itu, semakin banyak masyarakat sekitar TPA yang dapat menikmati gas metan,” katanya.

Untuk saat ini kata dia, sebanyak 300 rumah sudah dapat memanfaatkan gas emtan hasil dari pengolahan sampah tersebut.

Apabila menggunakan sistem ini kata dia, maka penikmat bas metan akan semakin bertambah.

“Untuk mengembangkan metode Sanitary Landfill di TPA Talangagung, kami mendapat bantuan dari bank dunia. Bantuan yang diberikan itu berupa peralatan serta pembangunan untuk mendukung dikembangkannya metode tersebut,” kata Budi Iswoyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES