Peristiwa Daerah

BPBD: Puting Beliung Menghantam Tiga Kecamatan di Probolinggo

Rabu, 23 Januari 2019 - 12:46 | 67.28k
Warga membantu melakukan pembersihan rumah yang rusak akibat angin puting beliung. (FOTO: BPBD Kabupaten Probolinggo for TIMES Indonesia)
Warga membantu melakukan pembersihan rumah yang rusak akibat angin puting beliung. (FOTO: BPBD Kabupaten Probolinggo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Berdasarkan data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rumah rusak berat dan ringan di tiga Kecamatan, akibat puting beliung yang terjadi pada Selasa (1/22/2019).   

Angin puting beliung yang terjadi sekitira pukul 17.10 WIB itu, mengantam rumah di pemukiman warga, di Kecamatan Gending, Maron dan Kecamatan Pakuniran. Hal itu berdasarkan laporan BPBD setempat. Dimana hari ini tim TRC BPBD bersama TNI dan Polri yang dibantu warga, melakukan pembersihan rumah warga terdampak.

Petugas juga melakukan pembersihan pohon tumbang di sepanjang jalan Panturan antara Gending hingga Pajarakan.

Di Desa Brumbungan lor, Kecamatan Gending, ditemukan dua rumah rusak ringan, satu rumah rusak berat dan satu rumah lagi rusak sedang. Kemudian di Desa Bulang Kecamatan Gending, satu gudang rusak berat dan satu rumah rusak ringan.

Sementara di Desa Pesisir, Kecamatan Gending, tiga rumah rusak ringan, dua rumah rusak berat, dan satu korban anak kecil berusia 6 tahun luka pada kaki. Untuk di Desa Ganting kulon, Kecamatan Maron, empat rumah rusak berat dan dua rumah rusak ringan.

Sementara kerusakan rumah warga juga terjadi di Kecamatan Pakuniran. Dan saat ini petugas dari BPBD masih melakukan pengecekan di lokasi. BPBD sendiri masih belum menyebutkan secara rinci kerusakan di Pakuniran tersebut.

“Hingga saat ini masih dalam proses assessment, karena dimungkinkan dampak angin kencang itu masih terdapat pada daerah lain di Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hemanuadi, Rabu (23/1/2019).

Anggit menyampaikan, kondisi terakhir akses jalan sudah dapat dilalui kembali secara normal, akibat sejumlah pohon tumbang yang menghalau jalur pantura Proobolinggo.

“Ibu Bupati telah memerintahkan Dinsos untuk  bantuan sembako kepada warga terdampak, dan meminta DLH agar berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk melakukan pemotongan pohon pinggir jalan yang rawan roboh. Dinkes sudah menugaskan Pusling menangani korban, dan telah melakukan pengobatan bagi korban bencana,” terangnya.

Sebagai informasi, dari laporan BPBD Probolinggo telah terjadi  angin puting beliung mengantam pemukiman warga di Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 17.10 WIB. Yang berdampak pada banyaknya pohon tumbang di sepanjang jalan Panturan antara Gending hingga Pajarakan. Serta menghantam rumah warga di tiga Kecamatan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES