Peristiwa Daerah

Dampak Angin Kencang, 30 Peristiwa Terjadi di Kota Batu

Rabu, 23 Januari 2019 - 09:27 | 100.64k
Pohon tumbang, tiang listrik ambruk dan mobil tertimpa pohon terjadi di Kota Batu semalam. (Foto: istimewa/TIMES Indonesia)
Pohon tumbang, tiang listrik ambruk dan mobil tertimpa pohon terjadi di Kota Batu semalam. (Foto: istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Angin kencang melanda Kota Batu sejak Selasa (22/1/2019) pukul 19.00 WiB hingga Rabu (23/1/2019) pagi ini. Tercatat ada Lebih dari 30 peristiwa terkait atau dampak dari angin kencang yang melanda kota wisata ini.

Tiga puluh peristiwa itu meliputi pohon tumbang dan tiang listrik ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meski tercatat 3 mobil tertimpa pohon tumbang.

Beberapa pohon tumbang antara lain Jalan Abdul Gani Atas, Depan vila Toety, Kusuma Agro, Jalan. Darsono, Jalan Suropati, Jalan Dewi Sartika, Pasar Batu, Jalan Metro Kelurahan Sisir, Jalan Panderman bawah,  Hotel Golden Tulip, Jatim Park 2 Kelurahan Temas, Desa Sidomulyo, Desa Pesanggrahan, Desa Junrejo.

Pohon-tumbang-a.jpgTim BPBD Kota Batu bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu dan relawan berjuang ekstra meminggirkan pohon yang tumbang di tengah hujan deras dan angin kencang yang mengancam.

Sementara tiga mobil yang tertimpa pohon berada di Jatim Park II, Jalan Darsono dan Jalan Ichwan Hadi.

“Beberapa hari lalu di grup WA, BPBD Kota Batu sudah memberikan peringatan dini, tiga hari akan ada hujan dan angin kencang, tapi saya tidak menyangka kalau ternyata anginnya seperti ini,” ujar Sutopo warga Kelurahan Sisir.

Begitu kencangnya angin, sampai terasa di dalam rumah, hingga anak-anak Sutopo tidak berani tidur. “Kita semua terjaga sampai dini hari,” katanya.

Rabu (23/1/2019) pagi sekitar pukul 07.00, BPBD Kota Batu mengeluarkan imbauan peringatan dini terkait fenomena angin kencang.

“Berkenaan dengan adanya cuaca angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Batu kami menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal ini,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, M Rochiim.

BPBD Kota Batu mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing.

Selain itu, bagi pengguna jalan agar mewaspadai ranting/dahan yang berpotensi patah serta tidak memarkir kendaraan di sekitar pohon yang rawan tumbang.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di tempat yg berpotensi ancaman roboh karena angin.

“Jika ada ancaman atau potensi bahaya hubungi

Call Center Pusdalops BPBD Kota di nomer telepon +62 812-1710-4099,” ujar Rochiim. Imbauan ini penting dilakukan mengingat lebih dari 30 peristiwa terjadi di Kota Batu sejak Selasa (22/1/2019) pukul 19.00 hingga pagi ini, Rabu (23/1/2019) dampak dari angin kencang yang melanda kota wisata ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES