Peristiwa Daerah

Ampibi Unipma Implementasikan Pengabdian Masyarakat melalui Bakti Desa

Selasa, 22 Januari 2019 - 22:57 | 78.95k
Salah satu bentuk kegiatan Bakti Desa AMPIBI UNIPMA yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu berupa penyemprotan bakteri untuk proses komposting. (FOTO: Rahmad for TIMESI Indonesia)
Salah satu bentuk kegiatan Bakti Desa AMPIBI UNIPMA yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu berupa penyemprotan bakteri untuk proses komposting. (FOTO: Rahmad for TIMESI Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sebagai wujud pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) Universitas PGRI Madiun atau Unipma bakal menggelar bakti desa.

Kegiata Ampibi Unipma ini akan dilaksanakan di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi pada 8-10 Februari 2019 mendatang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan program kerja unggulan organisasi mahasiswa biologi Unipma yang dilaksanakan setiap periode kepengurusan.

"Menurut kajian kami, desa tersebut memiliki potensi penghasil sayuran dan komoditas pertanian padi. Kami akan sharing ilmu pengaplikasian pupuk kompos organik yang menggunakan bahan baku sampah dedaunan dengan fermentasi kapang trichoderma, serta pelatihan pembuatan biopestisida dari ekstrak daun sirsak," kata Ketua Ampibi Unipma, Rahmad Agung Wicaksono, Selasa (22/1/2019) saat ditemui di Kampus UNIPMA Jalan  Setia Budi Kota Karismatik Madiun.

Pemilihan program tersebut berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh panitia serta koordinasi dengan pemerintah desa setempat.

Rahmad berharap dengan kegiatan pelatihan komposting dan pembuatan biopestisida tersebut masyarakat dapat mengaplikasikannya secara berkelanjutan, sehingga meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang ramah lingkungan.

Kepala Program Studi Pendidikan Biologi UNIPMA, Pujiati, M. Si memberi apresiasi kegiatan yang digelar Ampibi Unipma. Ini karena kegiatan bakti desa adalah berinisiatif secara mandiri.

"Ini pengaplikasian pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi tugas wajib perguruan tinggi, tentunya program pengabdian masyarakat tersebut merupakan desiminasi hasil riset perguruan tinggi yang sudah teruji secara ilmiah, harapannya dapat menjadi solusi bagi permasalahan di masyarakat," jelasnya. 

Kegiatan Bakti Desa Ampibi Unipma tersebut mengangkat tema "Dedikasi Ampibi Sebagai Implementasi untuk Desa Hargomulyo yang Mandiri" sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES