Peristiwa Daerah

Mensos Berikan Kuliah Umum kepada Personel Seskoal dan Perwira Mahasiswa

Selasa, 22 Januari 2019 - 21:36 | 57.55k
Dari kiri: Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat. (FOTO: Ivan Iskandaria/TIMESIndonesia)
Dari kiri: Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat. (FOTO: Ivan Iskandaria/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMensos RI (Menteri Sosial) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Kuliah Umum kepada 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-57 Tahun 2019.

Tak hanya 138 Pasis TNI AL, dan 2 masing-masing TNI AD dan TNI AU, kuliah umum ini juga diikuti Pasis negara sahabat, seperti Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand. Ada juga mahasiswa umum Program Seat In Seskoal dan seluruh prajurit serta PNS Seskoal. Kuliah umum ini dilaksanakan di Kelas Gabungan 'Gedung Samadikun' SESKOAL, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (22/01). 

Didampingi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, Mensos RI, Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum dengan tema 'Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam'.

Adapun materi Kuliah Umum yang diberikan oleh Menteri Sosial RI antara lain: Jenis Bencana dan Bidang Tugas di Kemensos RI, Pentingnya Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat, Nota Kesepahaman, dan Pembagian Tugas dalam Klaster Nasional Bidang Penanggulangan Bencana.

Mensos juga memaparkan pokok-pokok Program Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Peran Kementerian Sosial dalam Penaggulangan Bencana, Potensi Penanggulangan Bencana Alam, dan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2010 Tentang Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Juga ada tema mengenai Perkembangan dan Spesialisasi Tagana, Operasi Penaggulangan Bencana Tahun 2018, Kampung Siaga Bencana, Tujuan KSB, Kegiatan dan Komponen Pembentuk KSB.

"Sesuai arahan Presiden meminta agar Kementerian Sosial meningkatkan kualitas program kampung-kampung siaga bencana," ungkap Mensos.

Data Kemensos, dalam tiga tahun terakhir ini ada Program Kampung Siaga Bencana. Program Mitigasi yang melibatkan masyarakat di daerah dan Pemda. Sementara Tugas Kemensos menentukan wilayah dan kampung mana yang akan disentuh program tersebut.

Kampung-kampung yang dianggap rentan terhadap bencana baik gempa, tsunami, banjir, longsor. Arahan Presiden agar program-program seperti itu ditingkatkan dan diperluas.
 
Sementara itu Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. mengatakan terimakasih atas kehadiran Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan memberikan Kuliah Umum memberikan pencerahan dan pengetahuan mengenai 'Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam'.  

"Diharapkan semoga materi yang diberikan dapat dipedomani oleh para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019, para prajurit dan PNS Seskoal serta para mahasiswa yang mengikuti program Seat In Seskoal," kata Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES