Minggu, 17 Februari 2019
Kesehatan

Manfaat Yoga untuk Diabetes yang Tak Boleh Dilewatkan

Manfaat Yoga untuk Diabetes yang Tak Boleh Dilewatkan ILUSTRASI - Yoga. (FOTO: Freepik)
Rabu, 23 Januari 2019 - 07:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit diabetes membuat insulin yaitu hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, tidak bekerja dengan normal. Bila dibiarkan, gula darah akan semakin penumpuk menimbulkan gejala yang parah dan komplikasi. Nah, untuk itu para diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap normal, salah satunya dengan cara olahraga seperti yoga.

Selain jogging, senam, atau bersepeda santai, diabetesi bisa melakukan yoga sebagai latihan fisik rutin. Berikut beberapa manfaat yoga untuk diabetes.

1. Menurunkan stres

Supaya gejala diabetes tidak sering kambuh dan semakin parah, Anda perlu mengurangi stres. Penyakit apa pun itu akan semakin bertambah parah jika stres terus saja muncul.

Sama seperti olahraga lainnya, yoga dapat merangsang pelepasan hormon (endorfin) yang dapat membuat suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit diabetes rentan dengan penyakit jantung. Gerakan, latihan pernapasan, dan latihan kefokusan dari yoga bisa mengurangi stres, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Semua manfaat tersebut tentu akan meningkatkan kesehatan jantung. Itu artinya, risiko penyakit jantung pada diabetesi akan menurun.

3. Mengendalikan berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal merupakan bagian dari misi diebetesi agar tubuhnya tetap sehat. Setiap gerakan yoga dapat membakar energi sehingga bisa mengendalikan berat badan.

4. Meningkatkan kebugaran jasmani dan keseimbangan tubuh

Manfaat lain yoga untuk penderita diabetes adalah meningkatkan kebugaran jasmani. Yoga melatih koneksi antara pikiran, pernapasan, dan gerak tubuh yang butuh konsentrasi tinggi. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres sehingga meningkatkan kesehatan jiwa. Selain itu berbagai pose yoga juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration