Indonesia Positif Ketahanan Informasi Kamtibmas

Prajurit Kodim 0818 Malang-Batu Sukses Budidaya Jamur Tiram, Yuk Kenalan

Selasa, 22 Januari 2019 - 17:14 | 281.41k
Proses pembibitan jamur tiram oleh babinsa pagak sebelum proses selanjutnya. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Proses pembibitan jamur tiram oleh babinsa pagak sebelum proses selanjutnya. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Kamtibmas

TIMESINDONESIA, MALANG – Prajurit TNI AD dari Kodim 0818 Malang-Batu Serka Mohammad Aladin yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 0818/ 10 Pagak membudidayakan jamur tiram sejak tahun 2013, bersama warga desa binaannya.

Serka Aladin melaksanakan isi 8 wajib TNI yang berisi menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

TIMES-Indonesia-Kodim-0818-Malang-Batu-Sukses-Budidaya-Jamur-Tiram-2.jpgBabinsa Koramil 0818/ 10 pagak mendampingi proses budidaya jamur tiram bersama warga bianaanya. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Dalam hal ini Babinsa (Bintara Pembina Desa) menjadi Ujung Tombak di Komando Kewilayahan yang langsung terjun ke masyarakat dan selalu berada di tengah-tengah warganya sebagai bagian dari TNI yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Kegiatan tersebut tercetus atas keadaan warga Desa Balerejo Kec. Pagak yang bekerja secara monoton yang mengolah lahan Pertaniannya menggantungkan pada Air hujan. ”Bila turun hujan mereka akan bekerja, namun bila hujan tidak turun maka mereka akan menunggu sampai hujan Itu turun,” imbuhnya.

Dengan dasar dari pengalaman sebelumnya di satuan lamanya, Serka Aladin mengembang budidaya Jamur Tiram di wilayah desa binaannya. "Harapannya, masyarakat di desa binaan dapat bekerja lebih produktif lagi tanpa menggantungkan hujan yang ada, dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga," kata Serka Aladin.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman belakang dari rumah Babinsa Pagak Serka Aladin sebagai pusat kegiatan dan pembudidayaan jamur Tiram di wilayah Desa Balerejo Kecamatan Pagak bersama warga desa binaannya. Dengan sabar, cermat dan teliti mengajarkan dari dasar pembudidayaan Jamur Tiram sampai dengan tahap penjualan hasil produksi

Dengan merintis usaha bersama warga binaan mulai dari menyiapkan hal-hal yang menunjang budidaya jamur tiram harus sudah tersedia, diantaranya rumah kumbung baglog, rak baglog, bibit jamur tiram, dan peralatan budidaya yang diantaranya drum, alat sprayer dan lainnya.

TIMES-Indonesia-Kodim-0818-Malang-Batu-Sukses-Budidaya-Jamur-Tiram-3.jpgBabinsa pagak Serka M. Aladin yang Telah berhasil membudidayakan jamur tiram di wilayahnya. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Usahakan budidaya jamur tiram menggunakan bibit yang sudah memiliki sertifikat yang dapat dibeli dari petani lain atau dinas pertanian setempat. Peralatan budidaya jamur tiram cukup sederhana, harga terjangkau, bahkan kita bisa memanfaatkan peralatan dapur.

"Kami melaksanakan komunikasi sosial dengan pihak PT. Ekamas Fortuna yang berada di Desa Gampingan yang bersedia membantu menyediakan limbah garajen kayu kepada warga setempat, untuk dapat di manfaatkan sebagai bahan penunjang budidaya Jamur tiram terutama sebagai media baglog bagi perkembangan jamur tiram," jelasnya.

Setelah berjalan hampir 6 tahun, tempat Budidaya jamur milik dari Serka M. Aladin sudah menjadi lebih luas dan telah memiliki alat penunjang produksi jamur tiram sendiri.

Usaha itu berkembang luas dalam proses pendistribusian ke masyarakat luas.

"Semuanya atas dukungan dari warga desa Binaan dan juga dari Danramil 0818/ 10 Pagak saat itu Kapten Kav Sugianto, berkat usahanya budidaya jamur tiram dapat menyebar luas ke seluruh wilayah Kec. Pagak dan dapat dirasakan hasilnya bagi warga," ucapnya.

Sementara itu, Danramil 0818/ 10 Pagak Kapten Kav Sugiyanto memberikan Apresiasi kepada Babinsa Pagak Serka M. Aladin karena telah membuka lapangan kerja kepada warga binaannya.

”Di samping tugas pokok Komando kewilayahan Babinsa merupakan ujung tombak Koramil dalam tugas pokok sehari-hari termasuk membantu pengembangan usaha warga. Agar pengembangan budidaya Jamur Tiram ini bisa berjalan dengan cepat,“ ungkapnya.

Apresiasi juga di sampaikan oleh Danramil 0818/ 10 pagak yang baru Kapten Czi Supaat. ”Rasa Terima kasih dari warga Kec. Pagak dan kebanggaan kepada Babinsa Koramil 0818/ 10 Pagak Serka M. Aladin yang telah membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh warga di Kec. Pagak," tegasnya.

Ia mengatakan limbah dari budidaya jamur tiram juga dapat dimanfaatkan sebagai Pupuk Tanaman Pohon Kakao/ Coklat yang berguna untuk penghijauan lahan tandus yang ada di wilayah sehingga dapat mengurangi bencana alam yang terjadi di wilayah hukum Kodim 0818 Malang-Batu(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES