Peristiwa Daerah

Pemkab Bondowoso Komitmen Perangi Pungli dan Premanisme di Objek Wisata

Selasa, 22 Januari 2019 - 20:05 | 34.96k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, berkomitmen memerangi praktik pungli (pungutan liar) dan premanisme, di berbagai destinasi wisata atau obyek wisata, khususnya di kawasan Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Selasa (22/1/2019). Ia menegaskan, bahwa untuk memberantas tindakan pungli dan premanisme tersebut, pihaknya akan menggandeng aparat keamanan secara terpadu. Baik dari pihak kepolisian, TNI (KODIM), dan Satpol PP.

“Kita akan menempatkan apparat keamanan di sana secara terpadu. Antara kepolisian, TNI dalam hal ini Kodim, ada pos terpadu disana, Satpol PP dan sebagainya. Dan itu betul-betul akan kita berantas. Sebagaimana yang sudah ada di Kali Pahit,” katanya usai Rapat Paripurna, Selasa (22/1/2019).

Dia mengaku, telah mendatangi langsung oknum atau pelaku premanisme. Menurutnya, mereka telah meminta maaf, dan berharap ke depan turut dilibatkan dalam mengelola tempat wisata, baik sebagai Pokdarwis dan lain-lain.

“Ya kita akan melibatkan masyarakat. Kita membangun sukses kalau berdampak kepada masyarakat. Multie effect-nya begitu,” ujarnya. 

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk pembangunan pariwisata, harus dilakukan kajian. Antara nilai investasi dengan kontribus terhadap PAD.

“Kajian itu tidak hanya sebatas satu dua tahun. Tapi jangka Panjang. Lima tahun ke depan bagaimana. Kalau dalam istilah bisnis, ada business plannya, tingkat break event kita sampai tahun berapa, dan sebagainya,” jelasnya.

Pemerintah daerah, kata dia, telah menetapkan bahwa Kawasan Bondowoso akan dijadikan tempat pariwisata, dengan julukan Europe Van Bondowoso.

“Ada beberapa Kawasan wisata yang memang identik dengan wisata-wisata yang ada di Eropa,” jelasnya.

Sebutan Europe Van Bondowoso, terang dia, untuk membranding Bondowoso, sehingga akan lebih mudah mengenalkan Bumi Ki Ronggo tersebut. 

“Untuk tahap pertama kita akan membangun wisata di bagian Bondowoso timur. Kawah Ijen dan sekitarnya, dan itu akan menjadi skala prioritas dalam RPJMD kita,” ucapnya.

Selein membangun destinasi wisaya, Pemkab Bondowoso, sudah komitmen untuk memerangi praktik pungli (pungutan liar) dan premanisme, di objek wisata kawasan Kecamatan Ijen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES