Politik Jokowi-Makruf Amin

Di Ponorogo, Abah Ma'ruf Amin Semangati Ribuan Santri

Selasa, 22 Januari 2019 - 19:38 | 50.19k
Cawapres KH Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Al-Islam, Joresan, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia).
Cawapres KH Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Al-Islam, Joresan, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin atau karib disapa Abah Ma'ruf Amin menyemangati ribuan santri Pondok Pesantren Al-Islam, Joresan, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Kunjungan KH Ma'ruf bersama istri, Wury Estu Handayani, disambut langsung pimpinan Pondok Pesantren, KH Usman Yudi. Usman berharap silaturahmi dengan KH Ma'ruf tak berhenti, dan akan kembali ke Ponpes Al-Islam sebagai wakil presiden.

"Mudah-mudahan KH Ma'ruf Amin dikesempatan lain, bisa hadir ke sini sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Usman di Ponpes Al-Islam, Joresan, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Sementara KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya memberikan semangat kepada sekitar 2.000-an santri. Ia berharap para santri tak berkecil hati. Menurutnya, seorang santri tidak boleh merasa rendah diri, merasa tidak berguna, dan tidak memiliki masa depan.

"Santri itu harus percaya diri. Karena bisa jadi apa saja. Bisa jadi kiai, saudagar, bupati, menteri, bahkan bisa jadi wakil presiden. Betul apa tidak?" ucap KH Ma'ruf Amin yang dijawab "Betul," oleh para santri.

Setelah Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, memang belum ada lagi presiden yang berasal dari kalangan santri. Ia berharap kedepan akan ada santri lagi yang menjadi seorang presiden.

"Siapa tahu santri dari pesantren Al- Islam," imbuh dia, disambut riuh tepuk tangan ribuan santri.

Ditegaskan, seorang santri tak boleh pesimis, namun harus optimis. "Semangat ini harus kita bangun. Semangat optimisme untuk masa depan santri, masa depan bangsa, dan masa depan negara," imbuh KH Ma'ruf. 

Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, tak setuju dengan pernyataan-pernyataan pesimisme. KH Ma'ruf Amin menyontohkan, bahwa ada pihak yang menyebut Indonesia akan punah.

"Emangnya purbakala. Yang punah itu dinosaurus. Tapi kita berharap justru Indonesia pada masa depan akan lebih besar, lebih maju, lebih sejahtera," ucapnya 

Menurut KH Ma'ruf, pada periode pertama, Presiden Joko Widodo telah meletakan dasar-dasar pembangunan untuk kemajuan Indonesia. Pembangunan itu perlu dilanjutkan pada periode kedua agar manfaatnya lebih besar untuk masyarakat Indonesia.

"Pak Jokowi sudah meletakan dasar-dasarnya. Makanya saya mau (jadi cawapres) karena beliau bekerja membangun bangsa dan negara yang akan kita lanjutkan di periode kedua," tandas Abah Ma'ruf Amin(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES