Peristiwa Daerah

Pulihkan Psikologi Korban, UGM Yogyakarta Kirim Relawan Deru ke Lampung Selatan

Selasa, 22 Januari 2019 - 18:44 | 54.00k
Tim relawan UGM yang akan berangkat ke Desa Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan. (FOTO: Humas UGM/TIMES Indonesia)
Tim relawan UGM yang akan berangkat ke Desa Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan. (FOTO: Humas UGM/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Bencana tsunami yang melanda Lampung Selatan beberapa waktu lalu tentu menyisakan duka mendalam bagi para korban. Untuk memulihkan psikologis para korban, UGM Yogyakarta (Universitas Gadjah Mada) mengirim tim relawan Deru (Disaster Response Unit).

Selain membantu memulihkan kondisi psikologis, tim yang tergabung dalam Disaster Response Unit (DERU) akan ikut menangani kesehatan para korban. Relawan yang terdiri 17 orang mahasiswa dan dosen ini akan ditempatkan di Desa Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan selama 10 hari, sejak tanggal 22 hingga 31 Januari mendatang.

Ketua tim relawan Deru dr Fitriana mengatakan para relawan akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemulihan kondisi psikologis para korban yang tinggal di lokasi tenda pengungsian.

“Kami akan melakukan klinik keliling dengan menerjunkan tenaga bidan, farmasi dan kesehatan,” kata Fitriana di sela-sela pelepasan tim relawan di kantor Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPM) UGM, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, tim relawan yang sebagian besar merupakan mahasiswa dari Fakultas psikologi ini akan melakukan kegiatan pemulihan trauma terutama kepada anak-anak.

“Nantinya kegiatan pemeriksaan kesehatan dan trauma healing akan kita lakukan secara bersama-sama,” tambah Fitriana.

Sementara itu, untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan pihaknya mengajak tim kebidanan FKKMK. Mereka telah menyiapkan alat diagnosa kesehatan untuk memeriksa tensi, kolesterol, asam urat dan diabetes.

“Saya pikir nantinya akan banyak keluhan kesehatan yang perlu kami tangani sekaligus melakukan edukasi kesehatan ke mereka,” papar ketua tim Relawan Deru Fitriana dari UGM Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES