Kuliner

Gethuk Golan Mbok Bon, Kudapan Khas Kota Reog Ponorogo

Selasa, 22 Januari 2019 - 16:06 | 333.50k
Marsono menunjukkan Gethuk Mbok Bon miliknya. (FOTO : Endra Dwiono/TIMES Indonesia)
Marsono menunjukkan Gethuk Mbok Bon miliknya. (FOTO : Endra Dwiono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOKota Reog Ponorogo selain terkenal dengan reognya, juga terkenal dengan kuliner Ponorogo yang khas. Seperti sate ayam, dawet jagung, dan jenang. Selain itu juga ada kudapan khas dari Ponorogo bagian barat. Yaitu gethuk golan.

Makanan dari bahan ketela ini menjadi jajanan yang hampir setiap orang di desa Golan Kecamatan Sukorejo Ponorogo bisa membuatnya. ''Saya sejak di bangku sekolah dasar sudah dikenalkan membuat gethuk,'' kata Marsono, salah satu pembuat getuk di Desa Golan, Selasa (22/1/2019).

Marsono mengungkapkan seiring berjalannya waktu saat ini di desanya hanya beberapa saja yang tetap eksis menjalankan bisnis makanan tradisional itu. Dirinya merupakan generasi kedua yang sukses mengembangkan usaha kuliner warisan (Almarhum) Bonirah, ibunya. ''Gethuk Mbok Bon,  nama ibu saya di abadikan menjadi branding getuk kami,'' katanya. 

Guna mempertahankan usahanya supaya tetap eksis sebagai kuliner Ponorogo yang khas. Marsono selalu berinovasi untuk mempertahankan gethuknya. Selain gethuk, dirinya juga menjual varian jajanan lainnya seperti cenil, ongol-ongol, klepon, dan utri yang kesemuanya jajanan berbahan ketela.

Yang terbaru yakni gethuk krispy.  Era sosial media seperti sekarang ini membuat pemasaran berkembang pesat. Itu terbukti setiap harinya dia mampu memproduksi 25 kg gethuk golan yang dipasarkan di Kota Reog Ponorogo. Omset meningkat drastis karena selain diminati, harga juga terjangkau. Marsono menjual gethuk dengan harga Rp 15 ribu per kg. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES