Pendidikan

Polbangtan Malang Terapkan Ini untuk Jaga Kebersihan Taman

Selasa, 22 Januari 2019 - 15:09 | 105.99k
Kepala Sub Bagian SDM dan Tata Usaha Polbangtan Malang, Hari Sudarto memasukkan sampah dedaunan ke tempat sampah khusus yang dinamai Lumbung Biomassa. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kepala Sub Bagian SDM dan Tata Usaha Polbangtan Malang, Hari Sudarto memasukkan sampah dedaunan ke tempat sampah khusus yang dinamai Lumbung Biomassa. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kampus Polbangtan Malang di Bedali, Lawang memiliki luas sekitar 60 hektare. Konsekuensinya, pada aspek keamanan dan kebersihan kampus, termasuk taman yang ada di dalamnya.

Menilik kondisi tersebut, Polbangtan Malang berupaya menjaga kebersihan area kampus, termasuk taman, dengan melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaannya. Salah satunya dengan menyiapkan keranjang sampah khusus dedaunan yang dinamai Lumbung Biomassa.

Lumbung-Biomassa.jpg

Kepala Sub Bagian SDM dan Tata Usaha Polbangtan Malang, Hari Sudarto menuturkan, setiap hari jumlah sampah dedaunan cukup banyak, dan tidak mungkin hanya dibuang atau dibakar terus menerus. Diperlukan tempat untuk menampung sampah organik tersebut.

"Terutama di area publik seperti parkiran atau halaman kantor perlu dipasang lumbung biomassa," kata Hari, Selasa (22/1/2019) di ruang kerjanya.

Dengan adanya Lumbung Biomassa ini, kata Hari, secara tidak langsung sebagai pesan moral bahwa sampah ada tempatnya, sekaligus menjadi media edukasi pengelolaan sampah yang baik.

Tempat-sampah-daun.jpg

Pada beberapa titik di area kampus mulai mulai terpasang Lumbung Biomassa yang sudah mulai penuh dedaunan, dilakukan oleh petugas kebersihan.

Sebagian di antaranya menunjukkan terjadinya proses daur ulang. "Ini pertanda dedaunan akan segera bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang bagus untuk tanaman," kata dia.

Hari menambahkan, secara bertahap upaya terobosan agar dalam mengelola kebersihan dan perawatan taman di kampus Polbangtan Malang, seperti Lumbung Biomassa ini semakin efektif dan efisien, sehingga bisa dicontoh yang lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES