Glutera News

Yuk, Kenali Perbedaan Tumor dan Kanker

Selasa, 22 Januari 2019 - 10:46 | 82.15k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masih banyak orang yang bingung atau bahkan belum tahu apa perbedaan tumor dan kanker. Tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh secara tidak normal, yang dapat bersifat jinak maupun ganas. Sementara, kanker adalah tumor yang bersifat ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya yang menjadikannya berbahaya. Berikut ulasan tentang masalah kesehatan ini.

Pada kasus kanker, sel tubuh membelah secara tidak terkendali. Sel ini juga mampu menyusup ke jaringan tubuh lain, kemudian menghancurkan sel-sel yang normal. Karena itulah kanker termasuk kelompok penyakit yang mematikan.

Tubuh terdiri atas jutaan sel yang berukuran mikroskopis. Organ tubuh yang berbeda akan dibangun dari sel-sel yang berbeda pula. Masing-masing sel memiliki inti yang disebut nukleus. Di dalam inti ini terdapat ribuan gen yang disusun dari rantai DNA. Gen-gen inilah yang mengatur fungsi sel.

Tugas gen tersebut berbeda-beda, misalnya ada gen yang bertugas mengatur waktu sel untuk membelah dan berkembang biak, mengatur jadwal sel untuk memproduksi hormon, membuat protein, bahkan mengontrol dan mengatur sel yang harus mati atau kapan harus menggandakan diri. Perubahan atau mutasi gen di dalam sel adalah pemicu kemunculan sel-sel kanker.

Tumor Belum Tentu Kanker, Tapi Hampir Semua Kanker Itu Tumor

Perbedaan tumor dan kanker bisa dilihat dari sifat sel-selnya. Pada dasarnya, tumor bersifat jinak yang kemunculannya bisa hanya berupa bintik-bintik di permukaan kulit menyerupai tahi lalat. Sel-sel pada tumor jinak tidak berkembang dalam jangka panjang dan ada masanya akan berhenti tumbuh. 

Tumor ini juga tidak menyebar ke bagian tubuh bagian lain dan tidak menciptakan tumor baru. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa dikatakan bahwa tumor jinak bukanlah kanker. Namun sebagai langkah antisipasi, upaya untuk mengetahui keberadaan tumor dinilai kanker atau bukan, perlu pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Tumor yang bersifat ganas disebut kanker. Berkebalikan dengan tumor jinak, sel-sel kanker bersifat ganas atau merusak. Artinya, sel-sel kanker akan tumbuh terus-menerus, mendesak sel yang sehat, mengambil nutrisi dari sel yang sehat, menyebar dan membentuk tumor ganas baru di bagian-bagian tubuh sekitarnya.

Jadi, sebagian besar kanker adalah tumor, tapi tumor belum tentu bersifat kanker. Di dalam dunia medis, istilah ‘kanker’ merujuk kepada suatu penyakit yang dapat menyerang hampir semua bagian tubuh dan berpeluang mengancam jiwa.

Perbedaan tumor dan kanker sangat jelas. Jadi, ketika dokter mendapati suatu benjolan di tubuh Anda dan diagnosis awal mengatakan bahwa itu adalah tumor, jangan langsung mengira benjolan tersebut adalah kanker. Untuk memastikannya statusnya, diperlukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut hingga didapatkan hasil yang benar-benar akurat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES