Minggu, 17 Februari 2019
Kesehatan

Catat! Ini Kebutuhan Serat yang Harus Dipenuhi

Catat! Ini Kebutuhan Serat yang Harus Dipenuhi ILUSTRASI: (FOTO: klikdokter)
Selasa, 22 Januari 2019 - 12:12

TIMESINDONESIA, JAKARTAKebutuhan serat dalam tubuh menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Serat sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan pencernaan. Lalu berapa jumlah serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya? 

Seperti dilansir Health.com, Badan Kesehatan Dunia (WHO), 250 studi prospektif serta uji klinis selama 40 tahun menyebutkan, seseorang perlu 25-29 gram serat per hari untuk hasil kesehatan yang optimal . 

Studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi paling banyak serat mengalami penurunan 15-30 persen dalam semua penyebab kematian serta kematian terkait kardiovaskular ketimbang mereka yang makan paling sedikit serat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, kanker payudara dan kanker usus besar. 

Makanan kaya serat juga dikenal membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Itu karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui sistem pencernaan dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Tentu saja, tidak semua karbohidrat (yang merupakan sumber serat kita) sama. Penelitian merekomendasikan untuk mengganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh seperti gandum, gandum, dan beras merah. Makanan berserat lainnya termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Mulai sekarang pastikan kebutuhan serat dalam tubuh Anda terpenuhi. Konsumsi makanan sumber serat agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration