Tekno

Cegah Hoaks, Ini Langkah yang Diambil WhatsApp

Selasa, 22 Januari 2019 - 09:55 | 31.08k
ILUSTRASI: Aplikasi WhatsApp. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Aplikasi WhatsApp. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Layanan perpesanan milik Facebook yakni WhatsApp messenger akan membatasi jumlah penerima pesan forward atau yang dteruskan yakni hanya ke lima penerima saja. Hal ini dilakukan demi cegah hoaks atau informasi yang salah dan rumor.

Keputusan pembatasan ini diambil setelah berdiskusi dengan berbagai pihak di Indonesia, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

“Kami menerapkan batas lima pesan di seluruh dunia pada hari ini,” kata Victoria Grand, wakil presiden untuk kebijakan dan komunikasi WhatsApp seperti dikutip dari Reuters.

Dengan membatasi sebuah pesan hanya dapat diteruskan lima kali, Grand menilai jika ada perilaku yang mencurigakan, pesan tersebut dapat dilacak ke lima pesan sebelumnya.

WhatsApp tidak dapat membaca isi pesan yang dikirim karena enkripsi end-to-endyang disematkan di sistem mereka hanya mengizinkan pengirim dan penerima pesan untuk membaca isi pesan tersebut.

Tapi, WhatsApp bisa mendeteksi perilaku berkirim pesan jika terdapat aktivitas yang tidak wajar, misalnya meneruskan pesan ke banyak orang sekaligus.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan ke 20 orang atau grup. Pembatasan lima penerima ini diperluas secara global oleh WhatsApp menyusul kejadian di India pada Juli tahun lalu setelah terjadinya aksi main hakin sendiri akibat penyebaran berita hoaks melalui WhatsApp. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES