Peristiwa - Daerah

Tahun 2019, Dinas Kesehatan Kota Batu Prediksi Puncak Siklus Serangan DBD

Tahun 2019, Dinas Kesehatan Kota Batu Prediksi Puncak Siklus Serangan DBD Petugas Dinas Kesehatan melakukan pengasapan di daerah endemik setahun yang lalu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Selasa, 22 Januari 2019 - 09:14

TIMESINDONESIA, BATUDinas Kesehatan Kota Batu, Jawa Timur memprediksi, tahun 2019 menjadi puncak siklus serangan penyakit Demam Berdarah Dengue  (DBD) 5 tahunan. Meski belum terlihat ada peningkatan kasus DBD, Dinas Kesehatan terus melakukan kegiatan antisipasi, walaupun dalam kurun waktu tiga tahun terakhir selalu menunjukkan penurunan kasus.

Tahun 2016 tercatat 119 pasien DBD dan 690 pasien Demam Dengue, tahun 2017  tercatat 19 pasien DBD dan 97 pasien Demam Dengue. Tahun 2018 tercatat DBD sebanyak 0 pasien dan Demam Dengue sebanyak 11 orang dan bulan Januari 2019 tercatat DBD 0 pasien dan Demam Dengue 2 orang pasien.

Data ini didapatkan Dinas Kesehatan Kota Batu dari 5 Puskesmas dan 6 RS yang ada di Kota Batu.

“Tahun ini memang harus diwaspadai adanya peningkatan pasien, karena siklus lima tahunan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Sri Rahati.

Ia menjelaskan ada banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan penyakit DBD dan DD, diantaranya perubahan iklim dan perubahan siklus perkembangbiakan nyamuk. Jika ada anggota keluarga yang mengalami demam, Sri Raharti meminta agar segera tanggap dengan membawa ke RS dan Puskesmas.

Selain itu masyarakat harus melakukan aktivitas 3M yakni menguras, menutup dan mengubur sampah yang berpotensi menimbulkan genangan air.

Dinas Kesehatan pun sudah menggencarkan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan melaksanakan gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik (Jumantik). Sementara kader Jumantik yang ada di tiap desa dan kelurahan akan memeriksa sekitar 100 rumah per bulannya dan melaporkan hasilnya ke Puskesmas setempat.

Ia menjelaskan daerah endemik di Kota Batu adalah Kelurahan Sisir, Pesanggrahan, Temas dan Ngaglik, karena kawasan ini perkampungan padat penduduk. Sri mengingatkan Tahun 2019 diprediksi Dinas Kesehatan Kota Batu  menjadi puncak siklus serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) 5 tahunan. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration