Politik Jokowi-Makruf Amin

Abah Ma'ruf Amin Akan Resmikan Jokma Jatim, Ini Agendanya

Senin, 21 Januari 2019 - 19:43 | 56.01k
Para pengurus dan tokoh Jokma Jatim. (Foto: Imam Kusnin/TIMES Indonesia)
Para pengurus dan tokoh Jokma Jatim. (Foto: Imam Kusnin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Cawapres pasangan 01 Abah Ma’ruf Amin akan meresmikan Posko Jokma Jatim pada 24 Januari 2019. Peresmian akan berlangsung di Posko Jokma Jl Trunojoyo 75 Surabaya.

Untuk memeriahkan acara tersebut berbagai aktivitas digelar. Mulai Khatmil Qur’an, Dialog Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

“Beliau Abah Kiai Ma’ruf akan hadir sekitar pukul 16.00 Wib. Setelah memberikan arahan, biliau akan menyerahkan gunungan kepada dalang yang akan tampil malamnya,’’ ujar Ketua BN Jokma Jatim, Irawan Setiabudi kepada TIMES Indonesia.

Menurut Irawan, ada 9 visi misi pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. "Dalam mewujudkan hal tersebut, Jokma Jatim memfokuskan kegiatan yang mendukung poin 1, dan 5, sebagai dasar bagi penguatan insan nusantara yang mampu menjadi wadah berbagai potensi pembangunan. Sebagai insan yang berkebudayaan dalam peradaban unggul,’’ ujar Imawan.

Berangkat dari hal itu, lanjut Imawan, ketiga program tersebut dapat dapat dijabarkan dengan gambaran sebagai berikut: Pertama, peningkatan kualitas manusia indonesia. “Manusia indonesia berkualitas adalah manusia spiritual yang memiliki kesadaran kebudayaan dengan karakteristik yang bertumpu pada adab dan budi pekerti, kepekaan sosial, jiwa gotong royong, toleransi, dan nilai keindahan. Karakter budaya tersebut dibingkai dalam kerangka kearifan lokal,’’ katanya. 

“Tantangan globalisasi yang tidak dapat dihindari oleh bangsa manapun, memaksa setiap bangsa untuk memprioritaskan  pembangunan sdm yang berkiblat pada pembentukan manusia cerdas (smart), produktif dan berkarakter, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dengan landasan budaya dan kearifan lokal,” tambahnya.

Ia katakan, bangsa besar tumbuh dan unggul karena potensi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi universal. “Dengan demikian mengandalkan sumber daya alam dalam membangun bangsa tidak dapat dijadikan penopang yang permanen, karena potensi sumber daya alam sangat terbatas. Karena ketergantungan pada sda tersebut dapat menjadikan manusia yang pasif dan mengabaikan kreatifitas. Sementara, potensi insan nusantara sebagai sumber daya manusia indonesia memiliki potensi yang tidak terbatas,’’ tandasnya.

Maka pengembangan kualitas sumber daya manusia, menurut Irawan, adalah keniscayaan. Oleh karenanya, negara harus hadir untuk mencerdaskan dan meningkatkan kualitas anak bangsa menuju kemakmuran rakyat, seperti yang diamanahkan undang-undang dasar negara kesatuan Republik Indonesia tahun 1945.

“Dengan berpijak pada pancasila dan uud 1945 untuk membentuk negara yang berdaulat adil dan makmur dan berorientasi sepenuhnya pada tujuan kemakmuran rakyat,’’ kata Irawan.

Visi misi kelima, kata Imawan, kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa. Kemajuan kebudayaan nasional yang mencerminkan kepribadian bangsa hanya mungkin terjadi bila kualitas, usia indonesia telah mencapai kesadaran budaya yang dilambari kesadaran spiritual. 

Nilai-nilai spiritual yang hadir dalam khazanah kebudayaan pada puncaknya menjelma dalam kepribadian bangsa berupa pancasila. Sehingga pancasila merupakan elaborasi dan hasil dari sari-sari pri-kemanusiaan, pri-keadaban, dan pri-kebangsaan yang selama  ini telah berlangsung dan dilangsungkan oleh para leluhur bangsa ini. 

“Budaya indonesia yang telah tertanam dalam setiap sanubari rakyat telah menjadikan indonesia menjadi bangsa yang merdeka, terbebas dari segala penjajahan,’’ tambah sekretaris Jokma Jatim Ahmad Sujono.

“Maka melihat kembali sikap dan laku para leluhur merupakan jalan utama dalam menyadarkan dan menumbuhkan kembali karakter bangsa yang berkualitas, berkepribadian, berbudi luhur dan berkarakter kebangsaan. Karena, budaya sendiri merupakan ruh bangsa yang mewujud dalam jati diri bangsa yang pada gilirannya menjadi aset karakter dalam kancah kebudayaan dunia,’’ tambah Jono.

Jokma Jatim sendiri akan diresmikan Abah Ma'ruf Amin pada 24 Januari. Sayang relawan ini pun siap memenangkan pasangan nomor 01. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES