Politik Debat Pilpres 2019

TKN Duet Jokowi-Ma'ruf Tak Persoalkan Debat Pilres ke-2 Tanpa Kisi-Kisi

Senin, 21 Januari 2019 - 19:22 | 22.62k
Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin
Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, tidak mempermasalahkan penghapusan kisi-kisi dalam debat Pilpres sesi ke-2 nanti, asalkan, hal itu dilakukan untuk membuat debat berjalan lebih menarik.

"Prinsipnya, kami tidak ada masalah kalau KPU ingin menghapus itu dalam rangka meningkatkan daya tarik debat, memberi edukasi yang lebih baik dan membuat jalannya debat itu lebih dinamis tetapi positif," kata Karding di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Karding juga menyoroti terkait peran moderator yang menurutnya masih perlu diperbaiki. Moderator seharusnya diberkan peran yang lebih luwes. Flesibilitas peran lanjut dia, akan membuat materi yang disampaikan oleh paslon dapat dikembangkan moderator.

"Yang kedua mungkin pendalaman waktunya, kalo 1 menit itu kurang, ngejar omongan debat itu tidak maksimum," imbuh politikus Partai Kebangkitam Bangsa (PKB) tersebut. 

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RU) diketahui berencana memperbaharui durasi debat pilpres 2019. KPU RI berpendapat, penyampaian visi misi dan program kandidat selama tiga menit dirasa masih kurang.

Karding mengapresiasi evaluasi KPU RI itu. Dia mengatakan, perpanjangan waktu akan membuat pemaparan kandidat tidak tergesa-gesa. Dengan demikian, capres atau cawapres dapat memilih diksi dengan lebih kreatif mengingat waktu yang tidak sempit. 

Dia melanjutkan, pertambahan waktu untuk dialog juga akan membuat jalannya debat Pilpres ke-2 lebih menarik. "Ketiga peserta undangan, KPU-nya dari pendukungnya perlu ditambahkan supaya suasananya lebih meriah," tandas Karding, Wakil Ketua TKN duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES