Ekonomi

Omah Wiji Kawih Bantu Para Petani Kopi di Malang Raya

Senin, 21 Januari 2019 - 16:15 | 179.55k
Jenis kopi Kedai Omah Wiji Kawih (Foto: Bella/TIMES Indonesia)
Jenis kopi Kedai Omah Wiji Kawih (Foto: Bella/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pasar Kopi adalah bantuan dari Kedai Omah Wiji Kawih kepada para petani kopi di Malang Raya. Pasar ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus wadah untuk memperkuat pasar perkopian dengan suplai bahan baku kopi lokal. Sehingga para petani kopi Malang Raya makmur dan sejahtera.

Tujuan utama sekumpulan pemuda dari Omah Wiji Kawih yaitu untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas biji kopi yang dihasilkan petani rakyat. 

Mereka mengajak bekerjasama dengan petani kopi lokal dan memperkenalkan jenis-jenis kopi Robusta dan Arabika khususnya di wilayah Malang.

“Tidak banyak yang menjual kopi mentah yang bisa di beli ecer satu kilo atau dua kilo, melalui Pasar Kopi ini kita menginginkan Kopi Malang laku di Malang,” ujar Razzaq salah satu pemuda dari Omah Wiji Kawih.

Pasar Kopi dibuka selama satu bulan penuh, sejak tanggal 7 Januari sampai 7 Februari 2019, di Kedai Omah Wiji Kawih Jalan Dilem No.7 Malang. Pasar Kopi dibuka mulai pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. 

Dihari pertama Pasar Kopi dibuka dengan silaturahmi antar kedai kopi se Malang Raya. Dan dilanjutkan mencicipi kopi pasar dari hasil sangrai banyu bening, serta temu petani kopi.

Tersedia berbagai macam jenis biji kopi antara lain Robusta Sumawe, Robusta Kawi, Robusta Borga, Robusta Pasrujambe, Robusta Sridonoretno Sdr, Robusta Banyuwangi, Arabika Trawas dan Arabika Gunung Jati.

“Kebanyakan para pembeli dari kedai – kedai area Malang ada juga yang dari Jogja dan Jakarta. Yang paling banyak diminati yaitu Robusta Sumawe, Robusta Kawi dan Arabika Trawas,” katanya.

Diharapkan keberadaan Pasar Kopi yang digelar oleh Kedai Omah Wiji Kawih ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani kopi sehingga pendapatan akan lebih baik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES