Senin, 25 Maret 2019
Peristiwa - Nasional

Mustofa Nahrawardaya Koreksi Shalat KH Ma'ruf Amin, Samawi: Ajari Sandi Berwudlu

Mustofa Nahrawardaya Koreksi Shalat KH Ma'ruf Amin, Samawi: Ajari Sandi Berwudlu Akun mustofa nahra yang mengkritisi cara ibadah kiai Maruf
Senin, 21 Januari 2019 - 12:23

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Relawan Nasional Duet Prabowo-Sandi, Mustofa Nahrawardaya melalui akun twitternya @akuntofa mengkritisi tata cara sholat Abah Ma'ruf Amin dengan posisi duduk dan membandingkan dengan posisi yang berdiri saat mengikuti Debat Capres-Cawapres sesion pertama beberapa waktu lalu. 

Menanggapi hal tersebut, Jubir Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi), LR. Zulkarnain menilai, Mustofa Nahrawardaya  tidak layak untuk mengkritisi tata cara ibadah Abah Ma'ruf Amin

“Tidak perlu dipertanyakanlah tentang cara ibadahnya seorang Ulama, masa seorang ulama dikoreksi tatacara ibadahnya? Apalagi oleh seorang Mustofa Nahra. Jangankan yg untuk ibadah mahdlah (wajib), beliau menulis buku ini juga menulis buku tentabg Fatwa dalam Sistem Hukum Islam(2008), diwarisi tradisi keilmuan dan kitab kitab oleh buyutnya Syeikh Nawawi Al-Bantani. Fatwa MUI saja beliau yang tanda tangani kok," ujar Zulkarnain kepada TIMES Indonesia Senin (21/1/2019). 

Zulkarnain mengingatkan kepada Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi agar menegur Mustofa Nahra agar lebih berhati-hati sebelum berstatemen dan memperhatikan etika dan sopan santunnya ketika berbicara pada ulama. 

"Kiai Maruf sebagai ulama kebanggaan masyarakat Banten dan sebelumnya juga Pimpinan tertinggi Nahdlatul Ulama, juga Ketua Majelis Ulama Indonesia, yg memimpin organisasi Ulama di Indonesia. Jangan sampai, kalimat kalimat nya itu membut tafsir yg malah melukai warga Banten dan Nahdlatul Ulama,” ujar Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan, walaupun berbeda pilihan dalam konteks Pilpres, etika dan akhlak kepada kiai dan ulama harus tetap dijaga. Menurutnya, daripada mengkritisi tata cara ibadah Kiai Ma'ruf, harusnya BPN Prabwo-Sandi lebih fokus untuk memperbaiki tata cara berwudlunya Sandiaga Uno atau membantu Prabowo agar bisa membaca Alquran dengan benar. 

“Daripada mengkritik tata cara ibadahnya kiai Maruf Amin, lebih baik dia koreksi bacaan Alfatihah-nya Pak Prabowo, sudah benar tidak? Jika sudah, kan bisa ikuti kegiatan Ikatan Dai Aceh tentang Tes Baca Alquran. Atau ajari tatacara wudlunya Pak Sandi, sudah benar tidak? Karena fatal lho, jika wudlu saja tdk bisa, bagaimana sholatnya bisa diterima," ungkap Zulkarnain. 

Sebagai Informasi, Akun dengan nama @akuntofa milik Mustofa Nahrawardaya  memposting foto Abah Ma'ruf Amin  yang sedang duduk saat melakukan sholat dan foto kiai maruf yang berdiri saat mengikuti debat capres beberapa waktu lalu. Ia juga menuliskan sbagai caption fotonya tersebut, urusan dunia, kuat berdiri. (*)

Jurnalis : Rizavan Shufi Thoriqi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration