Politik

Australia Protes Pembebasan Ba'asyir, Abah Ma'ruf Amin: Ini Urusan Indonesia

Senin, 21 Januari 2019 - 09:44 | 24.31k
Cawapres KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia).
Cawapres KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cawapres nomor urut 01, Abah Ma'ruf Amin menegaskan, rencana pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir tidak bisa diintervensi pemerintah luar, karena ini urusan dalam negeri Indonesia. 

Abah Ma'ruf Amin enegaskan itu, setelah Pemerintah Australia keberatan dengan keputusan Presiden RI Jokowi untuk membebaskan terpidana teroris Abu Bakar Ba'asyir.

"Itu urusan dalam negeri kita. Saya kira pemerintah punya kebijakan-kebijakan. Ada yang sifatnya penegakkan hukum dan ada sifatnya kemanusiaan dan Pak Jokowi sudah mengambil langkah itu," ujar Ma'ruf, Senin (21/1/2019).

Ba'asyir akan segera bebas dari Lapas Gunung Sindu atas dasar kemanusiaan. Mengenai rencana itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan keberatan kepada Pemerintah Indonesia.

Pada Sabtu (19/1/2019), Scott Morrison mengatakan telah melakukan kontak dengan pemerintah Indonesia.

"Posisi Australia tentang masalah ini tidak berubah, kami selalu menyatakan keberatan yang paling dalam," kata Morrison kepada wartawan di Melbourne, dikutip dari Reuters.

Meski demikian, Abah Ma'ruf Amin menyakini, persoalan pembebasan Baasyir tidak akan mempengaruhi hubungan diplomasi antar kedua negara, lantaran memiliki kedaulatannya masing-masing. "Tidak, kita masing-masing punya kedaulatan," ungkapnya.

Abah Ma'ruf Amin berharap, tak ada intervensi antar negara terkait rencana pembebasan Abu Bakar Ba'asyir. Dia mengapresiasi langkah yang ditempuh Presiden RI Jokowi atas hal tersebut "Ya, supaya tidak mengintervensi masing-masing negara," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES