Peristiwa Nasional

Masazo Nonaka Pria Tertua di Dunia Meninggal Dalam Usia 113 Tahun Rahasianya Ini

Senin, 21 Januari 2019 - 07:07 | 26.87k
Masazo Nonaka saat menerima sertifikat dari Guinness World Records. (FOTO: Fortune)
Masazo Nonaka saat menerima sertifikat dari Guinness World Records. (FOTO: Fortune)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPria tertua di dunia, Masazo Nonaka, akhirnya meninggal dunia pada usia 113 tahun pada hari Minggu (20/1/2019)

Guinness World Records sempat menetapkan Masazo Nonaka, seorang pria di Jepang ini sebagai pria tertua di dunia. Nonaka lahir pada Juli 1905, hanya berselang beberapa bulan sebelum Albert Enstein menerbitkan teori relativitasnya.

Nonaka menerima sertifikat sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup pada usianya 112 tahun lebih 259 hari. Dia lahir pada 25 Juli 1905.

Rahasia umur panjangnya?, salah satunya adalah mungkin berendam di mata air panas. Bahkan mungkin, Masazo Nonaka telah menikmati berendam di amata air panas lebih lama dari kebanyakan orang.

"Kami merasa kaget dengan kepergian kakek. Dia terlihat baik-baik saja kemarin, dan meninggal tanpa menyebabkan keributan sama sekali dengan keluarga," kata cucu Nonaka, Yuko, kepada Kyodo News, sebagaimana dituliskan AFP.

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Jepang juga dikenal sebagai rumah bagi beberapa orang yang dikenal sebagai 'manusia tertua' yang pernah hidup.

Nonaka memiliki enam saudara lelaki dan satu saudara perempuan. Dia menikah pada tahun 1931 dan menjadi ayah dari lima anaknya.

Selama hidupnya, dia mengelola penginapan di dekat sumber air panas di kota asalnya, Ahoro, Hokkaido. Dalam masa pensiun, dia menikmati hari-harinya dengan menonton pertandingan gulat di televisi sembari memakan manisan.

Sebelum Masazo Nonaka, Jepang juga memiliki wanita tertua di dunia bernama Miyako Chiyo yang meninggal dunia pada usia 117 tahun pada 27 Juli 2018. Waktu itu Chiyo meninggal dunia tepat setelah catatan rekor dunia Guinness World Records 'mengenalinya' sebagai orang tertua yang masih hidup dan perempuan tertua yang masih hidup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES