Selasa, 19 November 2019
Gaya Hidup

6 Kebiasaan Pemicu Gula Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai

6 Kebiasaan Pemicu Gula Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai ILUSTRASI - Indikator Gula Darah tinggi. (FOTO: Hello Sehat)
Senin, 21 Januari 2019 - 00:22

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kadar gula darah tinggi bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Gula darah melebihi angka 200, bisa berisiko terkena diabetes. Pemicu naiknya gula darah tidak hanya mengonsumsi makanan tinggi kalori. Ada kebiasaan yang juga menjadi pemicu naiknya gula darah.

Berikut adalah beberapa penyebab yang patut untuk kita waspadai.

1. Jarang Sarapan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko terkena kenaikan kadar gula darah. Berdasarkan sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dihasilkan fakta jarang sarapan bisa meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 21 persen.

2. Sering Konsumsi Makanan Lemak Jenuh

Makanan dengan kandungan lemak jenuh seperti gorengan atau makanan cepat saji bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuan lemak jenuh dalam meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Nutrition, dihasilkan fakta bahwa orang-orang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi juga cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur memang bisa membuat badan terasa tidak nyaman, namun yang tidak banyak orang sadari adalah, kurang tidur bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dengan signifikan. Sebagai contoh, jika kita mengalami kurang tidur, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu dan hal ini akan menyebabkan kadar gula darah naik melebihi batas normal.

4. Merokok

Tak hanya menyebabkan masalah kesehatan paru-paru atau kanker, kebiasaan merokok juga akan menyebabkan risiko diabetes meningkat. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari California State Polytechnic University pada 2011 lalu. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kebiasaan merokok terkait dengan peningkatan kadar gula darah dengan signifikan.

5. Sering Konsumsi Pemanis Buatan

Tak hanya makanan manis dan kaya gula, sering mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan pemanis buatan yang tinggi juga bisa meningkatkan kadar gula darah hingga melebihi angka 200. Selain itu, kita juga sebaiknya membatasi pemberian gula dalam minuman yang kita konsumsi seperti teh atau kopi.

6. Mengalami Kondisi Penyakit Tertentu

Pakar kesehatan menyebut kondisi penyakit tertentu seperti flu dan pilek ternyata juga bisa meningkatkan gula darah. Hal ini disebabkan oleh kaitan antara infeksi dengan munculnya stres di dalam tubuh. Hati akan segera meningkatkan kadar gula darah sebagai sumber energi untuk melawan infeksi tersebut.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang memicu gula darah tinggi. Selain memperhatikan apa yang dikonsumsi, sebaiknya perhatikan juga kebiasaan yang Anda lakukan. Hindari kebiasaan yang bisa merugikan kesehatan tubuh Anda. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration