Gaya Hidup

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Wajah

Senin, 21 Januari 2019 - 01:22 | 127.70k
Ilustrasi - Tips menghilangkan jerawat di wajah (Foto: doktersehat.com)
Ilustrasi - Tips menghilangkan jerawat di wajah (Foto: doktersehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak dipungkiri kalau jerawat memang bisa membuat orang jadi tak percaya diri. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Misalnya karena muka tidak dibersihkan dengan benar, jarang melakukan eksfoliasi atau bisa juga karena tidak cocok atau alergi pada bahan satu produk.

Namun Anda tak perlu khawatir dan minder. Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudahnya. 

1. Tea Tree Oil
Tea tree oil adalah bahan yang diekstrak dari pohon Melaleuca alternifolia yang berasal dari Amerika. Bahan ini terkenal dengan kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi inflamasi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa lima persen gel tea tree oil empat kali lebih efektif mengurangi luka jerawat dan enam kali lebih efektif mengurangi radang jerawat daripada placebo.

Untuk membuatnya jadi obat jerawat, Anda hanya perlu mencampurkan tea tree oil dengan air (perbandingan 1:9). Celupkan cotton bud pada campuran tadi lalu oleskan pada jerawat. Ulangi proses ini dua kali sehari, sesuai kebutuhan.

2.  Teh Hijau
Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang bisa membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. 

Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone.

Rebus daun teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Setelah rebusan dingin, oleskan air tersebut ke wajah menggunakan kapas atau bisa juga disemprotkan dengan botol semprot ke bagian yang berjerawat.

Biarkan selama 10 menit atau bisa semalam, kemudian bilas wajah dengan air. Oleskan 1-2 kali per hari sesuai kebutuhan.  

3. Bawang Putih
Belah bawang putih menjadi setengah. Lalu oleskan di bagian titik jerawat. Bawang mengandung anti bakteri jadi akan membunuh bakteri yang ada di jerawat. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas sampai bersih.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih juga memiliki bahan antibakteri yang bisa membersihkan bakteri yang ada di jerawat. Oleskan kayu putih pada titik jerawat dengan cotton bud. Cara ini bisa dipakai berkali-kali tanpa dibilas.

5. Madu
Oleskan madu ke titik jerawat dengan cotton bud, tunggu 15 menit sampai kering, lalu bilas. Atau bisa juga didiamkan semalaman ketika Anda hendak tidur.

6. Toner Cuka Apel
Toner cuka apel adalah cuka apel yang telah diencerkan sehingga aromanya tidak terlalu kuat seperti cuka apel. Cuka apel sendiri memiliki kandungan asam malat dan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Bahan-bahan ini adalah sebagai antibacterial agent dan juga bisa menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Semprot atau tuang cuka apel ke kapas. Oleskan kapas tadi ke bagian titik jerawat sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

7. Kompres Es Batu
Lapisi es batu dengan kain. Lalu kompres pada titik jerawat. Jika terasa dingin sampai mati rasa, lepaskan dan tempelkan lagi ketika rasa dinginnya sudah hilang. Ulangi cara ini selama 10-15 menit.

Cara sederhana di atas bisa mengatasi jerawat di wajah dengan cepat. Wajah bebas jerawat bisa membuat rasa percaya diri Anda meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES