Tekno

Jepang Membuat Hujan Meteor Pertama di Dunia

Minggu, 20 Januari 2019 - 18:19 | 57.18k
Roket Epsilon-4 diluncurkan dari pusat luar angkasa Uchinoura oleh Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) di Prefektur Kaghoshima, 18 Januari 2019.
Roket Epsilon-4 diluncurkan dari pusat luar angkasa Uchinoura oleh Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) di Prefektur Kaghoshima, 18 Januari 2019.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jepang telah membuat hujan meteor (meteor shower) yang pertama di dunia, dan hari Jumat (18/1/2019) lalu roket Epsilon-4 yang membawa meteor itu diluncurkan ke antariksa dari pusat antariksa Uchinoura oleh Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA.

"Roket itu membawa tujuh satelit kecil yang akan menunjukkan berbagai “teknologi inovatif," kata juru bicara JAXA, Nobuyoshi Fujimoto.

Dikutip dari kantor berita AFP,  sebuah perusahaan rintisan di Tokyo telah merancang satelit kecil yang akan menciptakan hujan meteor di atas kota Hiroshima awal tahun depan sebagai percobaan untuk mengadakan hujan meteor yang bisa dipesan.

Menjelang tengah hari Jumat, satelit yang pertama berhasil diluncurkan ke orbit, dan para pejabat JAXA sedang menunggu laporan konfirmasi bahwa keenam satelit lainnya juga berhasil diluncurkan. Hujan meteor buatan itu akan terjadi diatas Hiroshima pada musim semi tahun depan.

Satelit-satelit itu pada awalnya akan mengorbit Bumi pada ketinggian 500 km dan kemudian akan diturunkan orbitnya sampai memasuki atmosfer bumi dan melepaskan muatannya yang akan tampak seperti hujan meteor.

Meteor buatan dalam bentuk bola-bola kecil yang dibawa satelit tersebut akan bersinar terang ketika memasuki atmosfir bumi, seperti yang terjadi apabila hujan meteor sungguhan menembus lapisan atmosfer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES