Peristiwa Nasional

Kemendagri Lepas Relawan Jemput Bola Perekaman E-KTP di 5 Provinsi

Minggu, 20 Januari 2019 - 17:28 | 39.10k
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat sesi foto bersama dengan perwakilan tim relawan jemput bola perekaman E-KTP, di Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat sesi foto bersama dengan perwakilan tim relawan jemput bola perekaman E-KTP, di Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTADitjen Dukcapil (Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kementerian Dalam Negeri melepas 138 relawan untuk melaksanakan program "jemput bola" perekaman data E-KTP. Para relawan ini akan bekerja di daerah-daerah yang perekamannya masih di bawah 85 persen.

"Hari ini kami melepas 138 relawan dalam program gotong-royong jemput bola perekaman KTP elektronik untuk lima provinsi yang cakupan perekaman KTP elektroniknya masih dibawah 85 persen," kata Dirjen Dukcapil Arif Zudan Fakrulloh dalam acara Apel Pelepasan Tim Gabungan Pusat dan Daerah di Kantor Ditjen Dukcapil, Kemendagri, Jakarta, Minggu (20/1/2019). 

Zudan mengatakan 138 relawan akan dibagi menjadi empat tim serta disebar di lima provinsi, yakni Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. 

Dia mengatakan program jemput bola perekaman E-KTP merupakan upaya Ditjen Dukcapil Kemendagri RI untuk memberikan satu warna baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, di mana Dukcapil dan PNS dalam jemput bola perekaman ini akan menjadi perekat NKRI. 

Secara teknis, Zudan menyampaikan bahwa tugas para relawan adalah mendata siapapun warga negara yang memenuhi syarat perekaman E-KTP, yakni berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah. 

Dia mengatakan proses pencetakan sudah bisa dilakukan 30 menit hingga satu jam.  "Jadi setelah dicetak akan langsung dibagikan," ujar Zudan. 

Tim relawan juga akan dibekali dengan peralatan perekaman serta akan membawa genset untuk mengantisipasi listrik mati saat jemput bola perekaman KTP elektronik berlangsung. 

"Relawan akan membawa 42 set alat (perekaman data dan pencetakan E-KTP). Selebihnya akan disediakan dari daerah," tandas Zudan, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES