Peristiwa Daerah

Weekend, Perangkat Desa di Banyuwangi Berkunjung ke Tambang Emas PT BSI

Minggu, 20 Januari 2019 - 11:03 | 84.27k
Anggota Pabdesi Banyuwangi, foto bersama jajaran External Affairs PT BSI. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Anggota Pabdesi Banyuwangi, foto bersama jajaran External Affairs PT BSI. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Habiskan libur akhir pekan, puluhan perangkat desa yang tergabung dalam Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Pabdesi) Banyuwangi, berkunjung ke tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI).

Mereka mendapat pemaparan tentang seluk beluk operasi pertambangan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran tersebut.

Pabdesi-2.jpgKetua Pabdesi Banyuwangi, Ahmad Mura'i, (kiri) bersama Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono dan jajaran.

Kedatangan rombongan perangkat desa ini mendapat sambutan hangat dari jajaran External Affairs PT BSI. Usai beramah tamah, serta paparan, mereka diajak melihat dari dekat proses pertambangan.

Selama tur, anggota Pabdesi Banyuwangi, diberi penjelasan detil mengenai proses tambang. Sekaligus ditunjukan lokasi proses yang dimaksud.

"Ini adalah kegiatan rutin touring Suzuki Thunder plat merah inventaris Kepala Desa, biasanya tujuan kami adalah tempat wisata, ke PT BSI ini yang pertama kali kita mengunjungi perusahaan," ucap Ketua Pabdesi Banyuwangi, Ahmad Mura'i, Minggu (20/1/2019).

Sengaja dilakukan, lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap program Pemerintah Daerah Banyuwangi. Di mana saham PT BSI sebagian adalah milik masyarakat Banyuwangi, melalui pemerintah daerah.

"Dan sebagai Kepala Pemerintahan ditingkat desa, kami akan selalu mendukung adanya investasi yang mampu memberi manfaat, baik pada pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat," ungkap Kades Gumirih, Kecamatan Singojuruh ini.

Sementara itu, selaku pemangku wilayah, Kades Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Vivin Agustin, mengakui bahwa keberadaan PT BSI telah mendorong percepatan pembangunan diwilayahnya. Bukan hanya dibidang infrastuktur, namun juga dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Dalam perbaikan jalan dan normalisasi sungai, kita dibantu tujuh alat berat sekaligus biaya operasional oleh PT BSI, warga kami juga mendapat bantuan ternak bergulir," kata Vivin.

Pabdesi-3.jpgJajaran PT BSI saat memberi penjelasan tentang operasional tambang emas kepada anggota Pabdesi Banyuwangi.

Senior Manager External Affairs PT BSI, Sudarmono, mengaku senang telah dikunjungi anggota Pabdesi Banyuwangi. Terlebih ditahun 2019 ini, PT BSI melalui program CSR, berkomitmen akan mendorong penguatan peran Kades dalam percepatan pembangunan ditingkat desa.

"Kami sangat menyambut baik, kebetulan para pengurus juga sudah akrab. Jadi momentum ini kami harap mampu menguatkan hubungan perusahaan dengan pemerintah desa," ungkapnya.

Dengan hubungan baik yang terjalin, lanjut Sudarmono, diyakini akan berimbas positif pada kondusifitas iklim investasi. Tentunya hal tersebut akan menggeliatkan sektor ekonomi mikro.

"Dan sudah menjadi komitmen kami, kehadiran kami sebagai tetangga sekaligus keluarga, adalah untuk memberi manfaat seluas luasnya kepada masyarakat Banyuwangi," kata Sudarmono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES