Peristiwa Daerah

Papua Diguncang 3 Kali Gempa

Minggu, 20 Januari 2019 - 10:44 | 21.86k
ILUSTRASI. (FOTO: abcnews)
ILUSTRASI. (FOTO: abcnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGempa magnitudo 5,10 Minggu (20/1/2019) dini hari, pukul 01.37 WIT mengguncang Papua. Gempa berada di 176 km Tenggara Pegunungan Bintang, Papua.

Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer koordinat 5,10 LS dan 142,01 BT, 176 kilometer Pegunungan Bintang. Namun ditegaskan, gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Pusat gempa juga berada jauh dari permukiman, bahkan tak dirasakan masyarakat.

"Tidak ada dampak atau kerusakan. Tidak ada orang yang merasakan juga, karena kekuatannya tidak besar dan jauh dari permukiman," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyoono seperti diutarakan kepada kantor berita Antara di Jakarta, Minggu pagi.

Sebelumnya Papua juga sempat diguncang beberapa kali gempa. Sabtu (19/1/2019) tercatat dua kali gempa mengguncang Papua, diawali pada pukul 13.26 WIT di 64 kilometer tenggara Kaimana. Gempa itu berkekuatan 4,1 SR.

BMKG Sorong, juga mencatat gempa berkekuatan sama pada pukul 14.14 WIT, dengan lokasi berjarak 79 km laut tenggara Kabupaten Kaimana.

Gempa ini sempat dirasakan seluruh warga di wilayah Kabupaten Kaimana, Papua terutama mereka yang saat itu berada di bangunan bertingkat. Meski begitu, gempa tetap tak berpotensi tsunami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES