Peristiwa Daerah

Gunung Kerinci Erupsi, Penerbangan Direkomendasi Cari Rute Aman

Minggu, 20 Januari 2019 - 09:23 | 59.52k
Gunung Kerinci di Sumatera Barat
Gunung Kerinci di Sumatera Barat

TIMESINDONESIA, JAMBIGunung Kerinci yang terletak di Jambi,  Sumatera Barat, Sabtu (19/1/2019) pagi mengalami erupsi.

 Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  memperingatkan maskapai penerbangan untuk menghindari jalur sekitar Gunung Kerinci karena sewaktu-waktu letusan abu bisa terkadi dan ketinggian abu dapat mengganggu jalur penerbangan.

Erupsi Gunung Kerinci ini terjadi pukul 07:34 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 4.005 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. 

Juga terjadi tremor menerus 0,5-2 mm (Dominan 0,5mm) dan saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Aaspada (Level II) dengan rekomendasi.

Masyarakat disekitar Gunung Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada didalam radius 3 km dari kawah aktif.

Masyarakat juga dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya/KRB III. "Sebaiknya jalur penerbangan disekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," tulis PVMBG  di laman resminya, Magma Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES