Selasa, 19 Februari 2019
Pendidikan

Bakti Asrama, Cara Polbangtan Malang Mendidik Mahasiswa Cinta Kampus

Bakti Asrama, Cara Polbangtan Malang Mendidik Mahasiswa Cinta Kampus Kegiatan Bakti Asrama yang dilakukan mahasiswa Polbangtan Malang di kampus 1 Bedali, Lawang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Minggu, 20 Januari 2019 - 09:48

TIMESINDONESIA, MALANG – Suasana di sekitar asrama mahasiswa taruna Polbangtan Malang, kampus 1 Bedali, Lawang, Minggu (20/1/2019) pagi tampak riuh dengan aktivitas bersih-bersih. Para mahasiswa tengah melakukan kerja bakti atau Bakti Asrama, sebagai bagian dari Bakti Kampus.

Kegiatan yang diikuti 250 mahasiswa berbagai tingkat ini dibimbing langsung oleh Muhammad Syaikhu M.Agr, selaku kepala asrama. Aktivitas mahasiswa tidak sekadar kerja bakti, tetapi melatih mereka memiliki tanggung jawab terhadap lingkungannya, pun sebagai media berkehidupan sosial.

"Hal-hal semacam ini harus ditanamkan kepada mahasiswa taruna, sehingga ketika terjun ke masyarakat akan membawa kebiasaan baik dan bisa menjadi contoh bagi lingkungannya," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Ungkapan senada disampaikan Ferdiyan, mahasiswa semester 5 yang turut dalam kegiatan. Menurutnya, dirinya bersama mahasiswa lainnya dilatih untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan asrama, salah satunya dengan kerja bakti.

"Dengan kegiatan seperti ini, makin menumbuhkan rasa memiliki kampus, termasuk asrama tempat kami tinggal dan beraktivitas di luar jam kuliah," ucap Ferdiyan.

Dia menambahkan, memanfaatkan waktu senggang di hari libur biasanya dilakukan oleh UKM. Bagi mahasiswa yang tidak terlibat di kegiatan UKM, kata dia, dapat secara bersama untuk bakti lingkungan karena kami adalah mahasiswa yang difasilitasi oleh negara.

Hal senada dituturkan pula oleh Deny,  mahasiswa tingkat 1 asal Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Menurut, bakti kampus ini dapat membiasakan untuk peduli terhadap lingkungan.

Bakti Asrama sebagain bagian dari Bakti Kampus ini dibantu oleh Serma Suwarno dari Kostrad selaku pelatih, pendamping dan pembina kedisiplinan mahasiswa taruna Polbangtan Malang. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration