Gaya Hidup

Rawat Kecantikan Kulit dengan Asam Jawa, Ini Ragam Manfaatnya

Minggu, 20 Januari 2019 - 03:02 | 152.59k
Asam Jawa. (FOTO: Istock)
Asam Jawa. (FOTO: Istock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asam jawa ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Asam jawa mengandung vitamin, antioksidan dan mineral. Kandungan dalam asam tersebut sangat bermanfaat untuk kulit. Lantas, apa saja manfaat asam jawa untuk kulit?

Seperti dilansir Boldsky berikut adalah beberapa manfaat asam jawa untuk kulit dan cara menggunakannya.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Rendam beberapa asam dalam air panas hingga berubah menjadi ekstrak. Tambahkan bubuk kunyit dan oleskan pada wajah secara merata.

Tunggu sekitar 10 menit, setelah itu cuci wajah hingga bersih. Ulangi cara ini setidaknya dua kali seminggu agar kulit terlihat berseri.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Asam jawa mengandung alpha-hidroksil-asam yang merupakan bahan yang baik untuk mengelupaskan kulit dari sel-sel mati. Inilah sebabnya mengapa asam memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di pori-pori.

Ambil beberapa ekstrak asam, dan sesendok garam, aduk rata, oleskan perlahan pada wajah dengan menggunakan jari. Setelah beberapa menit, semua sel kulit mati akan hilang dan wajah akan terlihat bersih.

3. Memutihkan Kulih Wajah

Campurkan madu dan lemon dalam ekstrak asam yang kemudian dijadikan jus. Oleskan merata pada kulit wajah dan cuci setelah 12 menit. Kulit akan terlihat lebih putih dan cerah.

4. Mencerahkan Daerah Kulit yang Gelap

Bila memiliki kulit yang gelap di sekitar leher, cobalah cara alami ini. Campur beberapa air mawar dan madu dalam ekstrak asam. Gunakan pada daerah kulit yang gelap dan basuh dengan air setelah 15 menit.

5. Mencegah Keriput

Asam jawa mengandung vitamin, serat, asam dan anti-oksidan, dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan.

Caranya, campur asam jawa dengan madu, aduk rata, gunakan secara teratur di bagian yang mengalami penuaan dini.

Itulah manfaat asam jawa untuk kulit. Tak perlu ke salon, perawatan kecantikan kulit ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Boldsky

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES