Kesehatan

Tujuh Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Tujuh Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Diabetes ILUSTRASI - Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Diabetes. (FOTO: Melissa Belanger/Unsplash)
Minggu, 20 Januari 2019 - 02:34

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menerapkan pola makan sehat sangat penting dilakukan untuk penderita diabetes. Hal ini dapat membantu menurunkan gula darah atau membuatnya stabil. Namun, tidak semua makanan sehat itu sama. Sayur-sayuran hijau memang baik, tapi nutrisinya di dalamnya bervariasi. Di samping nutrisi, indeks glikemik (IG) dalam makanan dapat membantu Anda membuat pilihan yang sehat. IG mengukur seberapa cepat makanan akan meningkatkan gula darah.  

Suatu makanan dinilai memiliki IG rendah jika skornya sebesar 55 atau kurang. Sedangkan makanan IG tinggi memiliki skor 70 atau lebih. Secara umum, makanan IG rendah adalah pilihan yang baik untuk penderita diabetes, karena membantu mengelola kadar glukosa darah.

Dilansir Healthline, berikut ini superfood dengan IG rendah yang dapat dipilih oleh penderita diabetes.

1. Tomat

Tomat kaya akan likopen, zat yang dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit  yang salah satunya diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi 200 gram tomat mentah setiap hari mampu mengurangi tekanan darah pada diabetes tipe 2. Para peneliti menyimpulkan, konsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular yang terkait dengan diabetes tipe 2.

2. Jeruk

Ragam jenis buah jeruk diketahui menyediakan sumber serat yang bagus. Sebuah penelitian menemukan bahwa makan buah jeruk dapat menurunkan risiko diabetes pada wanita. Jeruk rata-rata memiliki skor IG 40, sedangkan jus jeruk tanpa pemanis memiliki skor IG 50.

3. Ikan yang mengandung omega-3

Beberapa jenis ikan -- seperti salmon, sarden, dan tuna -- mengandung asam lemak omega-3 sehingga mampu menurunkan risiko diabetes. Mengingat jenis makanan ini tidak mengandung karbohidrat, maka ia tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan tetap aman dikonsumsi. Jangan lupa, omega-3 diketahui juga baik untuk kesehatan otak Anda.

4. Kacang polong

Kacang polong mengandung serat dan protein yang mumpuni, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda penderita diabetes. Jenis kacang ini juga memberikan mineral penting, seperti magnesium dan kalium.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012, konsumsi kacang-kacangan termasuk kacang polong adalah cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

5. Kale dan sayuran hijau lainnya

Kale dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya mampu memberikan lebih dari 100 persen asupan harian vitamin A dan K. Kale juga mengandung zat kimia bernama glukosinolat yang membantu menetralkan substansi penyebab kanker. Potasium di dalam kale juga melimpah dan terbukti bermanfaat untuk mengelola tekanan darah.

6. Blueberry dan buah beri lainnya

Blueberry dan beberapa jenis buah beri lainnya kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Menurut penelitian, kadar antioksidan yang tinggi mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Untuk penderita diabetes, stroberi, rasberi, dan blackberry adalah pilihan yang bagus.

7. Yoghurt tanpa pemanis

Yoghurt tanpa pemanis kaya akan probiotik, kalsium, dan protein yang sehat. Ia juga mampu menjadi pilihan terbaik untuk diabetes, karena memiliki kadar protein tinggi dengan kombinasi karbohidrat yang rendah.

Orang dengan diabetes perlu menjaga asupan makanan sehari-hari demi kestabilan gula darah, terutama makanan sehat. Sebagai rekomendasi, konsumsilah tujuh superfood di atas yang kaya akan kandungan bergizi. Biasakan juga untuk melakukan kontrol rutin ke dokter demi kualitas hidup yang lebih baik. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Loading...
Registration