Peristiwa Daerah

Atasi Bau Busuk Sampah, DLH Kota Batu Beli Truk Compactor Rp 1,08 Miliar

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:38 | 245.13k
Truk compactor yang dibeli oleh DLH Kota Batu untuk memperkuat armada sampahnya. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Truk compactor yang dibeli oleh DLH Kota Batu untuk memperkuat armada sampahnya. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Merespons keluhan masyarakat terkait banyaknya sampah yang tercecer dari dump truk dan bau busuk yang menebar, DLH Kota Batu membeli truk compactor  senilai Rp 1,08 miliar.

Meski hanya satu unit truk yang dibeli akhir tahun 2018, keberadaan truk ini cukup membantu pengangkutan sampah di jalan protokol.

Pasalnya selain tidak membuat sampah tercecer dan tidak menebar bau busuk, truk yang dilengkapi alat pemadam ini, mampu membawa lebih banyak sampah ketimbang dump truk biasa.

“Truk jenis ini bisa mengangkut 2 hingga 3 kali lebih banyak dari truk biasa, karena dilakukan pemadatan. Selain itu air lindi sampah yang diangkut tidak menetes ke jalan,” ujar Kabid Kebersihan dan Pertamanan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Agus Trisnobuwono.

Awal tahun 2019 ini, truk sampah ini sudah digunakan untuk mengangkut sampah di kontainer jalan utama. Direncanakan juga, truk ini digunakan untuk mengangkut sampah popok di desa dan kelurahan.

“Mungkin ke depan akan kita tambah lagi armada truk compactor karena memang kita butuhkan,” kata Agus.

Truk compactor ini  membuat pengangkutan sampah menjadi lebih efektif dan efisien. Truk compactor ini lebih ramah lingkungan dan tidak perlu lagi pakai tutup-tutup terpal.

Selain penambahan truk compactor, akhir tahun lalu, DLH dengan penambahan 3 unit dump truk sampah, menambah armada dari semula 14 unit menjadi 17 unit. Sedangkan untuk jumlah truk arm roll dari semula 9 unit menjadi 11 unit.

Semua itu untuk merespons keluhan masyarakat terkait banyaknya sampah yang tercecer dari dump truk dan bau busuk yang menebar, DLH Kota Batu  membeli truk compactor senilai Rp. 1,08 miliar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES