Politik

Survei KedaiKOPI: Swing Voters Turun Pasca Debat Pilpres 2019

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:59 | 671.28k
Capres dan Cawapres Pilpres 2019. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)
Capres dan Cawapres Pilpres 2019. (Grafis: Dena/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca debat pilpres 2019 jilid satu, banyak lembaga survei meriliskan hasil surveinya terkait nilai elektoral dari masing-masing pasangan kandidat capres dan cawapres. Seperti halnya, Survei KedaiKOPI yang menyatakan penurunan angka swing voters setelah menonton debat perdana pilres kemarin.

"Jadi yang tadinya 25,2% belum menentukan pilihan, setelah menonton debat itu turun menjadi 9,4%," ujar Hendri Satrio dalam diskusi bertajuk "Panggung Dramaturgi Debat Capres" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Pengamat komunikasi politik, Universitas Paramadina juga sampaikan bahwa angka presentase atas pemaparan ide masih dibawah 50% yakni sebesar 44,4%. "Ide-ide lebih disukai, 44,4% mengatakan idenya okelah capres cawapres ini, dua-duanya Pak Prabowo maupun kubu Jokowi," jelasnya. 

"Walaupun ada yang secara spontan mengatakan sebetulnya tidak ada hal baru yang disampaikan Jokowi, yang ngomong gitu 61,3%. Kalau Pak Prabowo tidak ada hal baru 54,1%," tambahnya. 

Selanjutnya, dari penampilan kedua calon presiden, Jokowi terhitung lebih unggul dibanding dengan pesaingnya Prabowo Subianto. Tingkat penampilan Jokowi dinilai baik oleh publik sebesar 55%, sedangkan untuk calon presiden (capres) nomor urut 02 hanya berkisar 32,3%.

Disisi lain, penampilan calon wakil presiden (cawapres) dari kubu nomor urut 02, Sandiaga Uno lebih baik dibanding dengan KH. Ma'ruf Amin."Yang tampil baik cawapresnya mas Sandi, 72,5%. Pak Amin 20,6% ini sih bukan tampil baik kali ya, tapi karena ga boleh tampil," ujar Hendri. 

Hendri juga menambahkan bahwa moment yang terjadi diluar skema debat seperti momen berjoget dan pijatan dari kubu nomor urut 02 terhitung sebagai bumbu-bumbu penyegar dalam suasana yang memanas.

Hasil survei KedaiKOPI pasca debat pilpres 2019 jilid satu mengkaitkan 2.499 responden seluruh Indonesia dengan margin error sebesar 4,55%. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES