Peristiwa Daerah

AKBP Alfian Nurrizal: Wali Kota Rukmini Itu Tri Risma-nya Probolinggo 

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:18 | 88.84k
Sepak terjang walikota rukmini, dimata sesama pemangku kebijakan di Kota Probolinggo. (FOTO: Jhon Welly for TIMES Indonesia)
Sepak terjang walikota rukmini, dimata sesama pemangku kebijakan di Kota Probolinggo. (FOTO: Jhon Welly for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Selama menjabat sebagai Wali Kota Rukmini Buchori berhasil mendulang banyak penghargaan. Di mata partner pemerintah dan warga Kota Probolinggo, Rukmini disebut-sebut sebagai kembaran Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Pujian itu datang dari Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal.

Sebagai salah satu pemangku kebijakan di Kota Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal mengaku selalu bermitra dengan pemkot. Di masa kepemimpinannya, dua tahun sisa kepemimpinan Wali Kota Rukmini sangat berarti. Terutama saat menghadapi tahun politik pemilihan kepala daerah dan gubernur, pada 2018 lalu.

Kota Probolinggo berhasil lolos dari cap Zona Merah Pilkada. “Hal itu tak lepas dari kerja sama yang baik, antara kepolisian dengan Pemkot Probolinggo,” terang AKBP Alfian Nurrizal, Sabtu (19/1/2019).

Masih menurut alumni Akpol 2000 ini, sejak April 2017, atau pertama kali menjejakkan kaki di Kota Probolinggo, Alfian merasa ada sinergi yang apik antara dirinya dengan wali kota. Terutama urusan kamtibmas di wilayah hukumnya.

“Layaknya seorang ibu, Wali Kota Rukmini telah membawa suasana masyarakat kota Probolinggo penuh kasih sayang. Sehingga potensi konflik tereliminasi. Warga kota hidup berdampingan rukun dan damai,” imbuhnya.

Masih menurut AKBP Alfian Nurrizal, efek keibuan Wali Kota Rukmini  inilah mampu merubah image kota Probolinggo sebagai "Zona Merah" dalam berbagai kontestasi pilkada sebelumnya. Dalam pilkada 2018, bisa berjalan dengan aman dan damai. Kolaborasi yang apik itu terus terpelihara. Meski beberapa kali diterpa isu terorisme, radikalisme dan hoaks.

Dalam banyak kesempatan secara pribadi, Alfian menyebut kerap bersama Walikota Rukmini. Terutama pada event penting Kota Probolinggo. “Dalam kesempatan itu pula kami sering berdiskusi bagaimana memajukan kota Probolinggo. Banyak gagasan untuk mengembangkan kota. Semua segala kiprah dan prestasi beliau untuk kota Probolinggo selalu dikenang dan dibanggakan. Mampu disejajarkan dengan walikota wanita lainnya,” sebutnya.

Atas prestasi dan tangan dingin Rukmini, Alfian menyebut walikota perempuan pertama di Kota Probolinggo ini, layak disandingkan dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Dimana dari hasil kerja kerasnya, mampu membawa perubahan di Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES