Peristiwa Daerah

Tiga Tipe Penyakit DB yang Perlu Diwaspadai di Tuban Bumi Wali

Sabtu, 19 Januari 2019 - 13:46 | 61.54k
Pasien Demam Berdarah di RSUD dr. R Koesma Tuban, saat dijenguk dr. Syaiful Hadi. (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)
Pasien Demam Berdarah di RSUD dr. R Koesma Tuban, saat dijenguk dr. Syaiful Hadi. (Foto: Achmad Choirudin/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Koesma Tuban Bumi WaliThe Spirit Of Harmony menemukan tiga tipe jenis penyakit Demam Berdarah (DB) di awal Januari hingga saat ini.

Ketiga tipe penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk tersebut, perlu diwaspadai oleh masyarakat, karena mampu menimbulkan kefatalan jika telat dalam penanganannya.

"Saat ini ada tiga tipe DB yang ditangani oleh RSUD Tuban, pertama kasus Dengue Fever dengan gejala tidak ada tanda-tanda berdarah pada kulit, saat dilakukan tes masih negatif, namun ada penurunan trombosit," ungkap dr.Syaiful Hadi, yang Direktur RSUD Kabupaten Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, Sabtu (19/01/2019).

Ke dua, yaitu tipe Dengue Hemorrhagic Fever (DHF), gejala yang dialami ialah panas naik turun, adanya gangguan di perut, nafsu makan menurun, penurunan trombosit serta adanya tanda-tanda bintik-bintik darah di kulit.

Selanjutnya, yang harus diwaspadai adalah tipe yang ke tiga, yakni Dengue Shock Syndrom, biasanya tanpa disadari ada pendarahan dihidung. Namun, di hari ke tiga pasien mengalami shok, panas tinggi, ada penurunan kesadaran, tensinya menurun serta trombositnya menurun.

"Khusus gejala DB tipe yang ketiga ini harus cepat mendapat penanganan, sebab kalau terlambat bisa menimbulkan kefatalan yang serius," tegas Syaiful.

Syaiful kembali memaparkan, tanda-tanda lain seseorang terkena DB tipe Dengue Shock Syndrom ini ialah Panas badan tinggi, mengalami nyeri ulu hati,npasu makan menurun, dan tangan menjadi dingin di hari ketiga.

"Jika mengalami tanda-tanda DB tipe ke tiga ini harus segera di rujuk ke puskesmas atau rumah sakit. Sebab jika sudah diatas 5 hari susah ditangani," beber Mantan Kepala Dinas Kesehatan Tuban ini.

Diketahui, Sejak awal bulan Januari 2019, pihak RSUD Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony telah menangani sedikitnya 35 pasien yang terjangkit Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) atau Demam Berdarah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES