Peristiwa Daerah

Angin dan Hujan Terjang Kraksaan, Rumah dan Pepohonan Roboh

Sabtu, 19 Januari 2019 - 11:44 | 84.23k
Bangunan rumah warga yang roboh akibat angin kencang. Pohon dan tower radio juga tumbang. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Bangunan rumah warga yang roboh akibat angin kencang. Pohon dan tower radio juga tumbang. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOAngin kencang disertai hujan deras, menerjang wilayah bagian timur Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terutama wilayah Kota Kraksaan dan Paiton.

Akibatnya, bangunan rumah warga milik Sunari (40), di Desa Sidopekso, Kecamatan Kraksaan, nyaris rata dengan tanah.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (18/1/2019) malam. Hingga kini warga masih beraktivitas melakukan pembersihan.

Tak ada kobrna jiwa atas insiden ini, sementara kerugia rumah roboh tersebut ditaksir mencapai Rp 70 juta. Sejumlah rumah lainnya di Kelurahan Sidomukti dan Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, juga mengalami kerusakan.

Angin-dan-Hujan2.jpg

Menurut Misnari, rumah yang baru selesai dibangun dua bulan lalu itu, masih belum ditempati, dan belum ada perabotan rumah tangga. Ia mengaku kerugiannya mencapai Rp 70 juta.

“Anginnya sangat kencang, begitu juga hujannya sangat deras. Rumah saya yang belum ditempati ini roboh. Banyak rumah warga lainnya yang juga rusak, pepohonan banyak yang tumbang,” ujarnya, Sabtu (19/1/2019).

Sementara itu, Agus Junaidi, Kasi Pemerintahan Desa Sidopekso mengungkapkan, di desanya hanya rumah milik Misnari, yang ambruk. Ada lagi bangunan lain di Dusun yang sama yang juga rusak. Pihaknya juga masih belum mendata pohon yang tumbang, namun ia memastikan ada puluhan pohon yang roboh.

Angin-dan-Hujan3.jpg

“Untuk korban rumah yang roboh, kami akan memberikan bantuan berupa anggaran tidak terduga dari pemerintah desa,” ungkap Agus, kepada TIMES Indonesia, di lokasi kejadian.

Tak hanya itu, sejumlah pepohonan baik di pemukiman warga dan disepanjang pinggir jalan raya Kota Kraksaan, tumbang. Sejumlah tiang listrik dan tower radio milik pemerintah daerah setempat yakni Bromo FM, juga tumbang brantakan.

“Petir menyambar, angin kencang disertai hujan juga mas. Kami warga disini sempat kebingungan, listrik padam, pohon banyak yang tumbang, termasuk tower radio ini patah berantakan, kami kaget karena towernya berdekatan dengan rumah saya,” kata Dewi Aisyah, warga Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES