Pendidikan

Wisuda 318 Mahasiswa, Rektor Unira Malang: Pekerjaan Bukan Cuma ASN

Sabtu, 19 Januari 2019 - 12:57 | 160.61k
Rektor UNIRA Malang saat foto bersama usai pelaksanaan wisuda angkatan pertama UNIRA di Hotel Gajah Mada (Foto: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Rektor UNIRA Malang saat foto bersama usai pelaksanaan wisuda angkatan pertama UNIRA di Hotel Gajah Mada (Foto: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor Unira Malang (Universitas Islam Raden Rahmat Malang) Dr Hasan Abadi berpesan kepada seluruh lulusan perguruan tinggi tersebut agar tidak mengutamakan melamar menjadi ASN dalam mencari kerja.

Pesan itu disampaikannya kepada 318 wisudawan-wisudawati saat wisuda angkatan pertama Unira Malang di Hotel Gajah Mada, Kota Malang, Sabtu (19/1/2019).

“Saya berpesan kepada seluruh wisudawan maupun wisudawati, supaya mengutamakan entrepreneurship dalam mencari pekerjaan. Ketimbang harus mencari pekerjaan melamar sebagai ASN,” kata Hasan Abadi kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, persaingan untuk menjadi ASN sangat ketat, lantaran pekerjaan itu memang banyak diburu masyarakat. Sedangkan untuk wirausaha kata dia, masih sedikit.

“Angka wirausaha di Indonesia belum mencapai dua persen. Kondisi ini, tentunya sektor wirausaha masih bisa dikembangkan lebih luas lagi,” katanya.

Apalagi kata dia, seluruh lulusan Unira Malang sebekumnya sudah dibekali ilmu wirausaha. Sehingga, tinggal diterapkan oleh para lulusannya sesuai bidangnya masing-masing.

“Seperti lulusan teknik elektro, mungkin bisa mengembangkan usaha dalam bidang elektro. Sedangkan lulusan pendidikan, tetap jadi guru,tapi juga bisa mengembangkan sisi wirausahanya,” terangnya.

Pria ramah ini melanjutkan, wisuda kali ini merupakan tonggak awal bagi Unira Malang dalam melahirkan lulusan-lulusan andal serta berkualitas.

Mengingat ini merupakan lulusan angkatan pertama yang kemudian menjadi pemicu lulusan angkatan berikutnya.

“Kalau memakai label Unira Malang, ini memang lulusan angkatan pertama. Namun, sebelumnya juga sudah menghasilkan lulusan-lulusan terbaik, yang sebelumnya masih berstatus sekolah tinggi,” kata dia.

Selanjutnya dia optimis mayoritas lulusan angkatan pertama ini akan sukses dalam bidang pekerjaannya masing-masing.

“Sukses itu acuannya tidak hanya materi. Melainkan sukses memberikan manfaat bagi orang lain, melalui ilmu yang dimilikinya,” kata Dr Hasan Abadi, rektor Unira Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES