Politik

Michael, Pengusaha dan Caleg Partai Demokrat yang Rajin Blusukan Membantu Warga Miskin

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:57 | 129.15k
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto bersama artis Danang Da2, saat turun menyapa masyarakat Dusun Krajan Barat, Desa Singojuruh, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto bersama artis Danang Da2, saat turun menyapa masyarakat Dusun Krajan Barat, Desa Singojuruh, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Caleg dengan latar belakang pengusaha kelas kakap, yang memiliki niatan berpolitik murni untuk membantu masyarakat serta berbagi kiat sukses mungkin sangat jarang. Tapi tidak di Banyuwangi. Kisah tersebut ada pada sosok Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

Sebagai caleg dari kalangan pengusaha, dalam setiap sosialisasi Pileg, Michael bak malaikat penolong bagi warga ekonomi kurang beruntung di daerah yang disambangi.

Seperti dalam kunjungannya di Dusun Krajan Barat, Desa Singojuruh, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jumat (18/1/2019). Hadir bersama penyanyi top, Danang Dangdut Academy (DA) 2, Michael menyusuri dan menyapa masyarakat lingkungan setempat.

Michael-Edy-Hariyanto-bersama-danang-b.jpg

Michael yang juga ditemani jajaran pengurus DPC kemudian menemukan tiga rumah kurang layak yang berdiri di sepadan sungai setempat. Rumah tersebut milik Sudartik (45), nenek Suma’i (80) serta pasangan jompo, Newi (80) dan Rukayah (70).

Karena berdiri di bantaran sungai serta berada sekitar 1,5 meter di bawah permukaan jalan, maka ketiga rumah berdinding anyaman bambu tersebut kerap terendam luapan air sungai.

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir, sungai di wilayah setempat selalu menjadi langganan banjir.

“Monggo pak masuk,” ucap Rukayah melihat kedatangan rombongan.

Meski dari kalangan ekonomi mapan, Michael dan Danang, terlihat sangat membumi. Sedikit pun tak terlihat raut risih, walau kondisi rumah kurang tertata. Yang ada, keduanya justru sangat akrab berbaur.

“Kalau hujan, air pasti masuk ke tiga rumah di sini ini, kasur, perabotan basah semua, tapi ya bagaimana lagi, kami sudah bersyukur punya tempat berteduh,” ungkap Rukayah.

Namun Rukayah masih terbilang beruntung dibanding nenek Suma;i, tetangganya. Dia yang sudah jompo dan mulai sakit-sakitan, berulang kali harus berjuang saat banjir tiba.

“Kami berharap, semua tetap tabah dan sabar, saya pasti akan membantu,” kata Michael dengan nada sedih.

Sebagai Caleg serta pengusaha dengan kesibukan tinggi, Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, ini terbilang cukup rajin turun dan menyapa masyarakat. Maklum, kegiatan serupa memang sudah menjadi kebiasaan sejak dia belum maju dalam pertarungan Pileg 2019.

Pemilik tempat wisata Alam Indah Lestari (AIL) Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, tersebut sudah terbiasa sharing dan berbagi tips sukses kepada masyarakat luas. Selain untuk bersilaturahmi, kegiatan itu dia lakukan sebagai wujud syukur atas kesuksesan karier yang didapat saat ini.

Karena sebelum menjadi pengusaha dengan segala kemapanan usaha dan finansial, Michael kecil hanyalah anak orang miskin. Bahkan himpitan ekonomi keluarga, nyaris membuat dia putus sekolah.

“Kalau hanya untuk gaji, saya tidak mungkin maju menjadi Caleg, karena hasil usaha saya, jauh di atas gaji anggota dewan, tapi disini saya nyaleg karena terpanggil, melihat masih banyak masyarakat yang kekurangan, padahal, sebagai pengusaha, saya tahu betul, Banyuwangi ini kaya raya,” tegasnya.

Caleg Nomor Urut 1 Dapil 2 DPRD Banyuwangi ini menjelaskan, alasan terjun ke dunia politik adalah untuk memperjuangkan nasib rakyat. Karena, tanpa masuk ke dunia politik, dia tidak akan bisa membuat program pemerintah yang pro wong cilik.

Seperti biasanya, sebelum turun menyapa masyarakat Dusun Krajan Barat, Desa Singojuruh, Kecamatan Singojuruh, Michael bersama jajaran DPC Partai Demokrat Banyuwangi, juga menyuguhkan hiburan konser musik tradisional kendang kempul.

Di sini, Michael Edy Hariyanto mengajak serta Caleg Partai Demokrat lainnya, di antaranya, Eka Santi Irama, Caleg Nomor Urut 3 Dapil 2 DPRD Banyuwangi; Teddy UT, Caleg Nomor Urut 3 DPRD Provinsi Jawa Timur; dan Syamsul Bahara, Caleg Nomor Urut 4 DPR RI. Dengan alunan grup musik Larasati asuhan Teddy UT, serta bertabur segudang artis top, agenda partai besutan SBY selalu banjir penonton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES