Gaya Hidup

Tetap Mengantuk Meski Sudah Minum Kopi, Apa Sebabnya?

Sabtu, 19 Januari 2019 - 05:30 | 158.64k
ILUSTRASI - Mengantuk Meski Sudah Minum Kopi. (FOTO: facetofeet.com)
ILUSTRASI - Mengantuk Meski Sudah Minum Kopi. (FOTO: facetofeet.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa mencegah rasa kantuk. Karena itu, banyak yang minum kopi saat bekerja. Hanya saja, banyak orang yang mengaku tetap saja mengantuk meski sudah minum kopi. Apa penyebabnya?

Pakar kesehatan menyebut terdapat senyawa adesonin di dalam tubuh. Senyawa inilah yang bisa menyebabkan kita mengantuk. Setelah minum kopi, kafein yang memiliki sifat yang mirip dengan adesonin masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat saraf-saraf di dalam otak justru mengikat kafein, bukannya adesonin sehingga menyebabkan dampak mencegah atau menghilangkan rasa kantuk.

Jika kita tidak mendapatkan efek tubuh yang segar dan tidak mengantuk setelah minum kopi, besar kemungkinan di dalam tubuh terjadi dua hal, yakni tubuh kita mengalami kesulitan untuk mencerna kafein atau kita sedang mengalami kurang tidur sehingga tubuh tetap akan menjalankan mekanisme beristirahat meskipun di dalam tubuh sudah dibanjiri oleh kafein.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebut kecenderungan untuk tetap mengantuk setelah minum kopi ini terkait dengan kondisi gen tertentu. Hal ini dibuktikan oleh pakar kesehatan gabungan dari Toronto University, Kanada dan University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat.

Dalam penelitian yang mereka lakukan, dihasilkan fakta bahwa terdapat gen khusus yang menentukan seberapa peka sistem saraf tubuh terhadap asupan kafein. Gen berkode AHR, POR. ABCG2, serta CYP1A2 dan ACYP2A6 di dalam tubuh ternyata berperan besar dalam mempengaruhi cara tubuh mencerna kafein.

Jika tubuh kita memiliki kombinasi tertentu dari gen-gen tersebut, maka tubuh akan mudah mencerna kafein dan mendapatkan sensasi segar atau lebih waspada setelah minum kopi. Hanya saja, dalam beberapa kasus, tubuh tidak memiliki kombinasi gen-gen tersebut dengan tepat sehingga membuat kita kesulitan untuk mencerna kafein. Hal inilah yang kemudian membuat kita mudah mengantuk meski sudah cukup banyak minum kopi.

Sebaiknya Anda tidak memaksakan minum kopi jika sudah mengantuk. Tubuh yang sudah mengantuk sebenarnya sudah menandakan bahwa berbagai jaringan, sistem, dan organ di dalam tubuh sudah membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga sebaiknya kita menuruti rasa kantuk ini.

Pakar kesehatan juga tidak menyarankan kita untuk terus-menerus menambah asupan kopi hanya demi mencegah rasa kantuk. Bukannya membuat tubuh menjadi lebih segar, minum kopi terlalu banyak akan memberikan dampak buruk seperti jantung yang berdebar-debar, diare, sakit perut, kecemasan, sakit kepala, atau bahkan insomnia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES