Kesehatan

Bukan Sekedar Rempah Biasa, Ini Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 02:08 | 561.59k
Lada Hitam. (FOTO: Dokter Sehat)
Lada Hitam. (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lada hitam dikenal sebagai jenis rempah yang memiliki rasa pedas. Rupanya tak sekadar memberikan sensasi pedas dan unik dalam makanan, lada hitam pun bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat lada hitam untuk tubuh?

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut manfaat lada hitam yang bisa Anda dapatkan.

1. Bantu Pemulihan Flu dan Batuk

Pada zaman China kuno, lada hitam sudah dimanfaatkan sebagai obat khususnya obat batuk dan flu. Lada mampu menstimulasi aliran mukus. Lada dapat dikombinasikan dengan madu untuk memperoleh manfaat maksimal. Madu bekerja sebagai penekan batuk alami. 

Melansir dari Stylecraze, jika mengalami flu dan batuk cukup campurkan satu sendok teh lada hitam bubuk dengan dua sendok makan madu. Tuang air panas, tutup, dan diamkan sekitar 15 menit. Minum secara teratur dan hidung tak akan tersumbat lagi plus batuk berkurang. 

2. Baik untuk Otak

Ukurannya yang tak seberapa justru menyimpan manfaat besar khususnya untuk otak. Kandungan piperine dalam lada hitam merupakan salah satu enzim yang memecah serotonin yakni, hormon untuk menenangkan jaringan saraf. Enzim ini pula yang menyehatkan fungsi melatonin atau hormon yang mengatur siklus tidur. 

Piperine juga penting untuk mereka yang mengalami parkinson. Enzim ini menghadang enzim lain yang bisa menggangu produksi dopamin. Pada pasien parkinson, kadar dopamin biasanya menurun drastis. Tak hanya parkinson, piperine pun baik untuk mereka yang mengalami depresi. 

3. Menyehatkan Pencernaan

Tubuh mengeluarkan asam yang disebut asam hidroklorida yang penting dalam proses pencernaan. Konsumsi lada hitam membantu tubuh meningkatkan pengeluaran asam ini guna membantu proses pencernaan. 

Asam hidroklorida membantu mencegah produksi gas pada usus dan merangsang keluarnya keringat serta urin sebagai sarana tubuh melepas toksin. 

4. Menurunkan Berat Badan

Lada hitam bisa membantu mereka yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Kuncinya, sel lemak harus hancur demi berat badan ideal. Lapisan gelap dari lada hitam dapat mempercepat pemecahan sel lemak dan meningkatkan metabolisme. 

Dua manfaat ini akhirnya dapat mendatangkan manfaat yakni menurunnya berat badan. Sifat karminatif pada lada hitam membantu membersihkan tubuh dari gas-gas pada usus dan mengurangi kembung. 

5. Cegah Kanker

Sebagai penyakit mematikan, kanker perlu dicegah termasuk dengan memanfaatkan lada hitam. Piperine pada lada hitam bisa sangat berpotensi melawan kanker saat disandingkan dengan kunyit. 

Lada hitam mengandung vitamin C, vitamin A, flavonoid, karoten dan kandungan antioksidna lain yang membantu menghilangkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit lain. Cara terbaik untuk memperoleh manfaat ini adalah dengan mengonsumsi gilingan lada hitma segar dan bukan dikonsumsi sebagai bumbu masakan. 

6. Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Lada memainkkan peranan penting dalam meningkatkan kesuburan pria. Lada hitam kaya akan zinc dan magnesium yang berfungsi sebagai pendongkrak kadar hormon testosteron. Zinc pun bermanfaat untuk membantu pembentukan dan pergerakan sperma.

Anda bisa mendapatkan manfaat lada hitam dengan mencampurkannya dalam masakan. Meski memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, Anda perlu membatasi jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : CNN Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES