Politik

Pengamat Puji Moderator Debat Pilpres Pilpres 2019, Ini Catatannya

Jumat, 18 Januari 2019 - 18:12 | 25.91k
Pangi Syarwi Chaniago, Pengamat politik Vox Populi. (FOTO: beritalima)
Pangi Syarwi Chaniago, Pengamat politik Vox Populi. (FOTO: beritalima)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Politik dari Vox Populi Pangi Syarwi Chaniago memuji sikap tegas moderator saat debat Capres 2019 perdana, Kamis (19/1/2019) malam. Tapi sayang mereka dinilai tidak bisa berimprovisasi lantaran terikat aturan.

"Moderator pada dasarnya bagus. Mereka yang terpilih adalah orang yang paling objektif karena bisa diterima kedua paslon," kata Pangi kepada TIMES Indonesia, Jumat (19/1/2019).

"Namun mereka diikat oleh banyak aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) sehingga sulit bagi mereka melakukan improvisasi dan membuat debat lebih cair dan hidup," tambahnya.

Baik Imam Priyono maupun Ira Koesno, ujar Pangi, cukup kompeten dan cukup baik dalam memandu debat Capres 2019 perdana. "Namun debat kedua harus di evaluasi," kata Pangi.

Alasannya, lanjut Pangi, masing masing paslon seperti punya beban. Mereka tidak bebas pikirannya berselancar dan berpetualang pada narasi yang lebih subtansial dan dalam. "Ini karena dibatasi oleh aturan yang ketat," ujarnya.

Pangi menilai, debat perdana jauh dari ekspektasi publik. Banyak masyarakat yang kecewa. "Debat masih pada tataran normatif," ujarnya.

Debat kedua dijadwalkan akan digelar 17 Februari mendatang di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat. Tema debat Capres 2019 yang hanya diikuti calon presiden dari kedua kubu tersebut bertema tentang energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES