Peristiwa Internasional

Presiden Palestina Jadi Ketua Forum G77, Ini Harapan Rofi Munawar

Jumat, 18 Januari 2019 - 16:45 | 95.30k
Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat acara pengukuhan di markas besar PBB di New York, USA (FOTO: News.un)
Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat acara pengukuhan di markas besar PBB di New York, USA (FOTO: News.un)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Palestina didapuk sebagai ketua Forum Negara-Negara Berkembang PBB (Forum G77). Presiden Mahmoud Abbas menghadiri langsung acara pengukuhan tersebut, Selasa (15/1/2019) di markas PBB di New York, Amerika Serikat. Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar menyambut baik penunjukkan Palestina tersebut.

“Terpilihnya Palestina sebagai ketua kelompok 77 menjadi bukti yang sangat jelas dari pencapaian di bidang diplomatik. Situasi ini harus dapat digunakan sebagai momentum penting dalam pencapaian kedaulatan negara tersebut," kata Rofi melalui keterangan pers, Jumat (18/1/2019).

Sebagai informasi, kelompok G-77 dibentuk pada tanggal 15 Juni 1964 melalui pengesahan Joint Declaration dari 77 anggota negara berkembang pada saat berlangsungnya sidang Sesi Pertama United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) di Jenewa. Sampai saat ini, Kelompok 77 dan China telah beranggotakan 133 negara. G77 saat ini juga memiliki Chapter di 6 kota dunia, yaitu di Jenewa, Paris, Roma, Nairobi, New York, dan Wina.

Rofi menjelaskan, dengan kepemimpinan Palestina di G77 secara faktual semakin menegaskan legitimasi komunitas internasional terhadap eksistensi negara tersebut. Meski penunjukan Palestina di G77 ditentang Amerika Serikat dan Israel, namun hasil akhir menunjukan bahwa 193 negara Majelis Umum PBB menyetujui. Sebuah ‘pukulan telak’ bagi dua negara yang senantiasa menentang kemerdekaan Palestina. 

“Jika kita cermati, pencapaian diplomatik Palestina selama ini sudah cukup banyak, namun demikian seringkali terkendala oleh veto AS dan ulah Israel. Contohnya saat Interpol mengukuhkan Palestina sebagai anggota baru dan Badan kebudayaan PBB, UNESCO, memutuskan kota tua di Hebron, Tepi Barat, sebagai situs Warisan Dunia Palestina," tutur anggota Fraksi PKS ini. 

Rofi, yang juga anggota Executive Committee of Parliamentarians for Al Quds League meminta Pemerintah Indonesia membangun komunikasi aktif dengan Palestina dalam forum G77. Membangun kerjasama yang produktif di berbagai bidang pembangunan dan kerjasama sosial. Komitmen dan kedekatan emosional kedua negara yang selama ini telah terjalin agar terus ditingkatkan baik dalam hubungan pemerintahan maupun komunitas masyarakat. 

“Indonesia harus memastikan dan meyakinkan bahwa kepemimpinan Palestina dalam Forum G77 akan berjalan efektif," ujar Rofi Munawar(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES