Peristiwa Nasional

Transformasi KUA, Kemenag RI Gulirkan Pusaka Sakinah

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:05 | 152.99k
Ilustrasi pernikahan
Ilustrasi pernikahan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demi menjadi bagian dari upaya transformasi Kantor Urusan Agama (KUA) ke arah lebih baik, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI (Kemenag RI) mulai tahun ini akan menggulirkan Pusat Layanan Keluarga Sakinah atau Pusaka Sakinah.

Transformasi tersebut antara lain ditandai dengan sinergitas tugas penghulu dan penyuluh agama dalam mengemban mandat UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Ke depan, tidak boleh ada dikotomi antara tugas penghulu dan penyuluh.

"Kami mencoba menggulirkan Program Pusaka Sakinah agar mentransformasi kegiatan formalistik KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat, mendampingi, memberi bimbingan, advokasi, mediasi, dan konsultasi," tegas Kasubdit Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Adib Mahrus.

Menurut Adib, Pusaka Sakinah meliputi 4 program, yaitu AMAN (administrasi manajemen KUA), BERKAH (Belajar Rahasia Nikah), KOMPAK (konseling mediasi, pendampingan dan advokasi), serta LESTARI (Layanan bersama Ketahanan keluarga Republik Indonesia).

"Keempat program tersebut merupakan unggulan dan setiap kabupaten/kota menunjuk satu piloting," imbuh Adib. 

Ke depan, kata Adib, KUA tidak hanya berfungsi formal dalam pencatatan nikah, namun juga memiliki tanggung jawab agar pasangan yang dinikahkan dapat mewujudkan keluarga sakinah. Sejalan dengan itu, pelayanan kepenghuluan dan lainnya di KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga.

"Kita akan melakukan program yang responsif menjawab kebutuhan masyarakat dan menjawab problem masa kini," papar Adib sembari menambahkan jika Pusaka Sakinah yang digagas Kemenag RI melibatkan 800 orang yang berkontribusi dalam pikiran dan tenaga sepanjang 2018 untuk proses perbaikan dan transformasi KUA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES