Politik

[CEK FAKTA] Malaysia Lebih Luas dari Jawa Tengah

[CEK FAKTA] Malaysia Lebih Luas dari Jawa Tengah Cek Fakta Debat Pilpres 2019 (Ilustrasi - TIMES Indonesia)
Kamis, 17 Januari 2019 - 23:29

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut wilayah Jawa Tengah lebih luas dari Malaysia saat sesi debat Pilpres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, tadi. 

Awalnya, Prabowo berbicara soal kesejahteraan gubernur di Indonesia yang tidak sebanding dengan luas wilayah yang dipimpinnya.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo, Kamis (17/1/2019).

Namun, pernyataan capres duet Prabowo-Sandiaga itu sudah benar atau tidak.

Redadaksi TIMES Indonesia mencoba menelusuri fakta dan data untuk mengecek kebenaran pernyataan Ketum Gerindra tersebut. 

Merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, bahwa luas wilayah Jawa Tengah seluas 32.544,12 kilometer persegi, dengan wilayah paling luas adalah Cilacap sebesar 2.138,51 kilometer persegi dan terkecil Magelang seluas 18,12 kilometer persegi.

Sementara, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur, yang berada di Pulau Kalimantan. Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Adapun data dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, tercatat luas wilayah Malaysia, yaitu 329.847 kilometer persegi yang terdiri dari luas daratan 328.657 kilometer persegi dan lautan  1.190 kilometer persegi.

Berdasarkan data di atas, maka pernyataan Prabowo Subianto soal wilayah Jawa Tengah lebih luas dari Malaysia pada saat sesi debat Pilpres 2019, yang mengusung tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme TIDAK BENAR(*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration