Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Jokowi Sebut Enam Caleg Eks Koruptor dari Gerindra

Kamis, 17 Januari 2019 - 22:48 | 67.51k
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin saat Debat Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin saat Debat Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam debat Pilpres 2019,  Paslon No 01 duet Jokowi-Ma’ruf Amin dalam sesi pertanyaan ke Paslon 02, duet Prabowo-Sandi, mempertanyakan soal jumlah caleg eks koruptor dari Partai Gerindra.

Jokowi mengutip daftar caleg eks koruptor yang dikumpulkan Indonesia Corruption Watch (ICW). Versi ICW, ada 40 caleg mantan napi korupsi yang berlaga di kontestasi Pemilu 2019. Enam di antarannya dari Gerindra.

Fakta:

ICW mengungkapkan ada enam caleg dari Gerindra yang pernah menjadi napi kasus tipikor. Yakni, Mohamad Taufik (dapil DKI 3), Herry Jones Kere (dapil Sulut), Husen Kausaha (dapil Malut), Al Hajar Syahyan (dapil Tanggamus), Ferizal (dapil Belitung Timur), dan Mirhammuddin (dapil Belitung Timur).

Data yang disebar lewat Twitter dicuitkan pada 5 Januari 2019 lalu. "40 caleg MANTAN NAPI KORUPSI yang sedang berlaga mendapatkan bangku wakil rakyat. Catat ya tweeps! #koruptorkoknyaleg," cuit akun resmi ICW (@antikorupsi) 

Kesimpulan:

Data yang disampaikan ICW diungkapkan ke publik lewat akun @antikorupsi. Data ICW inilah yang dikutip oleh Jokowi untuk menanyakan perihal pemberantasan kasus korupsi kepada Prabowo Subianto yang juga Ketum Partai Gerindra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES