Selasa, 19 Februari 2019
Peristiwa - Daerah

Gali Potensi Wisata Bondowoso, Unej Kirim 672 Mahasiswa Melalui KKN Tematik

Gali Potensi Wisata Bondowoso, Unej Kirim 672 Mahasiswa Melalui KKN Tematik Mahasiswa Unej sedang mengikuti program KKN Tematik, dalam rangka membina desa di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Rabu, 16 Januari 2019 - 22:31

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebanyak 672 mahasiswa diterjunkan oleh Unej (Universitas Jember), melalui kegiatan KKN Tematik (Kuliah Kerja Nyata Tematik) di Kabupaten Bondowoso, dengan salah satu tujuannya adalah untuk menggali potensi wisata yang ada di Bumi Ki Ronggo.

Hermanto Rohman, Koordinator Pusat Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unej mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan KKN tematik ini pihaknya menyesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Menurutnya, di Kabupaten Bondowoso yang menjadi salah satu fokusnya yakni pengembangan wisata. Untuk itu, dalam KKN ini pihaknya mendorong dan membantu desa untuk melihat potensi wisata dan wirausaha di desa masing-masing.

Tentu semuanya ada tahapan-tahapannya, pertama yakni melakukan identifikasi berapa potensi wisata alam, wisata kreatif dan wisata budaya. Kemudian memfasilitasi terbentuknya komunitas kluster-kluster wisata.

Misalnya, kata dia, jika ada wisata berarti ada Pokdarwisnya. Kemudian akan ada pelatihan-pelatihan terkait pengembangan wisata. Tak terkecuali juga, potensi-potensi wirausaha di masing-masing desa.

"Sama untuk perencanaan pengembangan yang nanti disinergikan dengan desa, yang kemudian dieksekusi dengan dana desa," ungkapnya.

Hermanto menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut juga untuk membantu menangani stunting. Menurutnya, hal tersebut menjadi pokok persoalan yang tidak bisa dianggap remeh.

“Karena stunting saat ini menjadi masalah nasional yang berdampak pada ekonomi dan kesehatan sepanjang generasi,” jelasnya, Rabu (16/1/2019).

Ia pun berharap dengan adanya KKN Tematik, yang diselenggarakan oleh Unej tersebut, bisa membuat desa-desa binaan di Bondowoso, sehingga mampu membranding desanya dengan kekhasan masing-masing, termasuk potensi wisata. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration