Wisata

Kampung Keramik Dinoyo, Pusat Home Industry Keramik di Kota Malang

Rabu, 16 Januari 2019 - 18:55 | 343.52k
Salah satu home industry keramik (FOTO: Intan/TIMES Indonesia)
Salah satu home industry keramik (FOTO: Intan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada sebuah kampung di Kota Malang yang sebagian besar warganya membuka usaha home industry keramik. Tepatnya di Kampung Keramik Dinoyo di Jalan MT Haryono XI, Dinoyo, Kota Malang.

Mereka memproduksi dan menjual sendiri barang berbahan dasar keramik. Ada vas bunga, gelas, teko, guci, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya keramik saja, sejumlah souvenir untuk pernikahan atau bentuk hajatan lain juga merka jual seperti dompet dan kipas danlainnya. Tidak .

Kepada Times Indoensia pemilik home industry keramik “SN” mengatakan, “Pekerjaan utama saya ya produksi keramik dan menjualnya mbak. Kalau saya sendiri sudah mulai tahun 90 an buka home industry, tapi sebenarnya di sini tahun 50 an sudah ada pabriknya".

Dia mengaku dengan membuka home industry keramik, bisa membantu meningkatkan penghasilannya. Beberapa warga juga membuka usaha seperti miliknya. Ada juga warga yang memang meneruskan usaha turun temurun dari ayah atau kakaknya.

Selain memproduksi dan menjualnya langsung, home industry ini juga menerima pesanan, tapi pesanannya dalam bentuk model atau desain yang sudah disiapkan sebelumnya. Kalau untuk pesan model dengan desain baru, kebanyakan masih belum masih bisa menerima.

Dalam sehari, selalu ada saja pengunjung yang datang di Kampung Keramik Dinoyo. Terkadang, ada rombongan bis, dan yang paling ramai pengunjung dari luar kota datang saat hari raya dan hari libur panjang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES