Wisata

Destinasi Wisata di Bumi Wali dapat Dikembangkan Wisata Edukasi

Rabu, 16 Januari 2019 - 17:52 | 28.24k
Wakil Bupati Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony Noor Nahar Hussein, melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata, Selasa (15/01/2019) (Foto: Agus Humas Pemkab Tuban For TIMESIndonesia)
Wakil Bupati Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony Noor Nahar Hussein, melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata, Selasa (15/01/2019) (Foto: Agus Humas Pemkab Tuban For TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Wakil Bupati Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, Ir H Noor Nahar Hussein, M.Si., melakukan peninjauan ke sejumlah tempat wisata, yang sangat potensi dikembangkan menjadi wisata edukasi, Rabu (15/01/2019).

Meninjau lokasi bersama sejumlah pimpinan OPD, antara lain Kepala Disparbudpora, BAPPEDA, Dinas PRKP, DPKP, Satpol PP, Dishub, Diskoperindag, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban.

Peninjauan-Wisata-Tuban-2.jpg

Wabup mengunjungi objek wisata seperti Goa Akbar, Pantai Boom,  Pantai Kelapa, dan Wisata Agropolitan Kebun Belimbing.

Wabup menyampaikan, objek wisata di Tuban Bumi Wali adalah wisata penyangga kota. Menurutnya perlu adanya sinergitas dan dukungan penuh dari berbagai instansi tekait, mulai dari OPD, pemerintah Kecamatan maupun desa serta pengelola guna peningkatan pelayanan.

Di samping itu, pengembangan dan peningkatan fasilitas di kawasan objek wisata, antara lain fasilitas jalan masuk, jalan usaha tani, serta jalan penunjang wisata program pemberdayaan.

Wabup menambahkan, bahwab destinasi wisata di Bumi Wali dapat diintegrasikan dan dikembangkan menjadi wisata edukasi, alam, maupun kuliner.

"Tidak menutup kemungkinan adanya penambahan fasilitas dan wahana pada destinasi wisata," ungkapnya.

Wabup menilai perlu dilakukan kajian lebih lanjut bersama pengelola terkait Standar Operational Procedur (SOP).

Lebih lanjut, berbagai objek wisata, baik yang dikelola Pemkab Tuban, desa, maupun swasta dapat terintegrasikan dan terkoneksi guna memaksimalkan promosi. Juga akan memudahkan wisatawan mencari informasi berkaitan dengan objek wisata.

"Kedepannya, destinasi wisata yang beragam akan dijadikan paket wisata Bumi Wali dan dapat dimasukkan dalam agenda wisata Jawa Timur maupun nasional," imbuh Wabup.

Wabup berharap dengan berbagai pengembang tersebut, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Tuban. 

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Drs. Sulistiyadi, MM., menerangkan bahwa pada tahun 2018 wisatawan yang berkunjung ke Bumi Wali mencapai 6.966.335 wisatawan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 5.803.318 orang. 

Dari jumlah tersebut, wisatawan yang mengunjungi Pantai Kelapa sebanyak 386.530, Pantai Boom sejumlah 202.524, dan Goa Akbar berjumlah  77.729 orang.

"Sedangkan, destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi wisatawan adalah lokasi wisata religi Makam Sunan dan Makam Asmaraqondi, Palang, Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony," bebernya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES